Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik Pemudik Masih Terjadi di Kawasan Nagreg

Kompas.com - 13/05/2022, 13:12 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah libur Lebaran, arus balik masih terjadi di kawasan Nagreg menuju Cileunyi, Kabupaten Bandung

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana menjelaskan, meski arus balik mulai berkurang, ia meminta jajaran Polresta Bandung untuk tetap siaga melayani pemudik yang baru pulang akhir pekan ini.

"Tapi ini belum selesai, masih ada pemudik yang baru pulang. Biasa mungkin nanggung, besok tanggal 16 Mei Hari Waisak," ucap Suntana seperti dikutip Kompas Regional, Kamis (12/5/2022).

Baca juga: Operasi Ketupat Berakhir, Polisi Tetap Pantau Arus Balik

Suntana menjelaskan, masih ada kemungkinan pemudik dari arah Tasikmalaya berdatangan. Meski skalanya kecil, kemacetan dipastikan akan tetap terjadi, mengingat pabrik di wilayah Rancaekek sudah mulai beraktivitas.

"Jadi arus mudik dan balik Lebaran kemungkinan yang dari wilayah Tasik yang melalui Nagreg menuju Cileunyi mungkin masih ada, mungkin jumlahnya sudah sedikit tapi tetap menjadi persoalan karena pabrik di Rancaekek sudah beroperasi. Jadi menambah titik konflik yang akan kita harus diselesaikan," ucap Suntana.

Sebelumnya, puncak arus balik di Nagreg disebut telah terjadi pada H+5 Lebaran yang lalu, Minggu (8/5/2022).

Prediksi arus balik di kawasan Nagreg akan mengalami puncaknya pada malam ini, Minggu (8/5/2022) atau H+6. Namun Polresta Bandung memprediksi bakal ada arus balik susulan, mengingat libur sekolah yang tadinya hingga 9 Mei diperpanjang sampai 12 Mei 2022.KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah Prediksi arus balik di kawasan Nagreg akan mengalami puncaknya pada malam ini, Minggu (8/5/2022) atau H+6. Namun Polresta Bandung memprediksi bakal ada arus balik susulan, mengingat libur sekolah yang tadinya hingga 9 Mei diperpanjang sampai 12 Mei 2022.

Baca juga: Belajar dari Kecelakaan Maut di Boyolali, Ingat Bahaya Naik Odong-odong di Jalan Raya

Pada hari itu, Humas Pos Pengamanan Lebaran Dishub Kabupaten Bandung Jawa Barat Erik Alan mengatakan ada sebanyak 125.000 kendaraan melintas Nagreg ke arah Barat, terbanyak pada momen arus balik.

Jumlah ini dikatakan lebih banyak ketimbang puncak arus mudik, di mana tercatat sebanyak 121.000 kendaraan melintas pada H-2 Lebaran, Sabtu (30/4/2022).

"Kami prediksi H+5 ini merupakan puncak arus balik. Walaupun terdapat kebijakan anak sekolah baru masuk pada tanggal 12 Mei 2022, namun aktivitas atau rutinitas lain banyak yang tetap dilaksanakan," ucap Erik seperti dikutip Antara, Senin (9/5/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com