Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Pengemudi Arogan Lawan Arah dan Tabrak Penyeberang Jalan

Kompas.com - 07/05/2022, 12:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Video mobil Avanza berwarna putih bertingkah arogan viral di media sosial. Video ini pun sudah disaksikan lebih dari 300.00 kali di Tiktok yang diunggah oleh akun @.riyan32.

Pada video tersebut terlihat mobil Avanza mengambil jalur yang berlawanan karena di depannya sedang macet. Namun dari tepi jalan ada orang yang sedang mau menyeberang jalan.

Mobil yang melaju cukup kencang itu pun tidak bisa menghindari si penyeberang jalan. Tabrakan pun terjadi dan mobil tadi diminta untuk menepi.

Baca juga: Akibat Gunakan Bahu Jalan, HR-V Nyaris Tabrak Mobil yang Sedang Ganti Ban

@.riyan32

jangan belagu karena orang lain juga bisa. tetap perhatikan keselamatan pengguna jalan lain.

? suara asli - BEKEN

 

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia mengatakan, pengemudi tadi bisa dikategorikan orang yang arogan. Perilaku tersebut biasanya muncul karena kebiasaan.

"Kebiasaan dan karakter dia tumbuh menjadi tidak tertib, cenderung melanggat aturan dan otomatis dia tidak sadar akan bahayanya," ucap Sony kepada Kompas.com, Sabtu (7/5/2022).

Menurut Sony, ketika mau mengemudi bukan hanya rute yang harus direncanakan, tetapi juga mental. Maksudnya, pengemudi harus siap dengan berbagai masalah yang ada di jalan, contohnya menghadapi macet.

Baca juga: Tips Hindari Kecurangan Oknum Petugas Nakal di SPBU


"Mental yang sehat akan menghasilkan keputusan-keputusan yang selalu positif," kata Sony.

Mobil tadi juga sudah pasti melanggar aturan karena melawan arus. Harus diingat kalau melanggar aturan sudah pasti berbahaya, karena semua yang ada di jalan sudah diatur atau ditata dengan undang-undang.

"Pengemudi yang seperti ini banyak, makanya kita diminta untuk selalu waspada setiap saat," ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com