Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini Daftar Rest Area dan SPBU Alternatif di Jalur Non-tol

Kompas.com - 07/05/2022, 08:22 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mencegah kepadatan dan terjadinya penumpukan di rest area selama arus mudik dan arus balik, beberapa rest area diberlakukan sistem buka-tutup dan pembatasan waktu singgah selama 30 menit.

Kebijakan ini dilakukan atas diskresi kepolisian, dan diterapkan secara situasional atau melihat kondisi arus lalu lintas terlebih dulu.

Ketika rest area yang dituju sudah tutup, pemudik baiknya mencari rest area berikutnya untuk beristirahat dan tidak berhenti di bahu jalan karena banyak bahaya yang mengintai jika memaksakan diri berhenti di bahu jalan.

Baca juga: Tips Hindari Kecurangan Oknum Petugas Nakal di SPBU

Ada sejumlah rest area alternatif di jalur non-tol yang berada dekat dengan gerbang tol, bisa disinggahi pemudik jika rest area jalan tol sedang padat atau tutup.

"Kami mengimbau dan memohon kerja sama dari para pengguna jalan untuk menuju tempat istirahat alternatif, jika rest area tengah menerapkan sistem rekayasa buka-tutup," ucap General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT Jasamarga Related Business Meta Herlina Puspaningtyas dalam keterangan yang diterima oleh Kompas.com, Jumat (6/5/2022).

Meta menjelaskan, ini sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang menyarankan pemudik untuk tidak memaksakan diri untuk masuk ke rest area jalan tol jika sudah penuh lalu berhenti di bahu jalan.

Antrean kendaraan masuk Rest Area Kilometer 57 pada Jumat (29/4/2022) pukul 18.25 WIBKOMPAS.COM/FARIDA Antrean kendaraan masuk Rest Area Kilometer 57 pada Jumat (29/4/2022) pukul 18.25 WIB

Baca juga: Simak Jadwal, Lokasi One Way dan Ganjil Genap Hari Ini

"PT JMRB sebagai pengelola rest area telah berupaya memberikan alternatif bagi para pengguna jalan yang hendak beristirahat ataupun membutuhkan BBM," ucap Meta.

Berikut ini daftar rest area dan SPBU alternatif di jalan non-tol:

  • Rest area dan SPBU alternatif di Rest Area Travoy 207 A Palikanci: kira-kira 1 kilometer (km) dari pintu keluar Gerbang Tol (GT) Ciperna Timur
  • SPBU alternatif di Rest Area Travoy 389 B Batang-Semarang: kira-kira 1 km dari pintu keluar GT Weleri
  • SPBU alternatif di Rest Area Travoy 519 A Solo-Ngawi: kira-kira 1,5 km dari pintu keluar GT Sragen
  • SPBU alternatif di Rest Area Travoy 519 B Solo-Ngawi: lokasi lebih kurang 1 km dari pintu keluar GT Karanganyar
  • Rest area dan SPBU alternatif di Rest Area Travoy 538 A dan 575 B Solo-Ngawi: kira-kira 3 km dari pintu keluar GT Sragen Timur atau Mantingan
  • Rest area alternatif di Rest Area Travoy 575 A Solo-Ngawi: kira-kira 500 meter dari pintu keluar GT Ngawi dan SPBU alternatif kira-kira 2 km
  • SPBU alternatif di Rest Area Travoy 725 A Surabaya-Mojokerto: lokasi lebih kurang 1 km dari pintu keluar GT Krian
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com