Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Tahu Fungsi Utama Papan Angka di Jalan Tol?

Kompas.com - 30/04/2022, 11:42 WIB
Zulfana Khoirur Rijal,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Mudik sudah kembali lagi, tahun ini masyarakat  sudah diperbolehkan untuk pulang kampung menemui keluarga besar saat libur lebaran.

Bagi pemudik yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi, jalan tol bisa menjadi alternatif yang digunakan untuk memangkas waktu perjalanan.

Namun demikian, ternyata banyak sebagian pengemudi yang belum mengetahui fungsi papan penunjuk angka di jalan tol.

Baca juga: Hindari Ngantuk Saat Mudik via Jalan Tol, Ini Caranya

Papan bertuliskan angka tersebut bukan sekedar pajangan, melainkan punya fungsi sebagai informasi.

Pemberlakuan jalur satu arah di Tol Karawang Barat hingg Kalikangkung, Jumat 29/4/2022). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini mencapai 85,5 juta orang.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Pemberlakuan jalur satu arah di Tol Karawang Barat hingg Kalikangkung, Jumat 29/4/2022). Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini mencapai 85,5 juta orang.

Terkait hal tersebut, Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga memberikan penjelasan bila angka pada panel tambahan penunjuk jalan tol tersebut mempunyai maksud khusus.

Tujuannya adalah, supaya para pengemudi penguna jalan tol mengetahui di kilometer berapa mereka keluar dari ruas tersebut.

"Fungsi dan arti dari angka tersebut adalah untuk mengarahkan pengemudi keluar jurusan melalui off ramp terdekat," ujar Heru beberapa waktu lalu.

"Dipasang panel tambahan di atas Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) dengan keterangan 'Keluar' dan keterangan Km dimana off ramp tersebut berada sesuai ruas jalan tol," katanya.

Baca juga: Cek Lalu Lintas dan Diskresi Kepolisian via Aplikasi Peta Digital

Pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebagai antisipasi arus lonjakan pemudik Lebaran 2022Kementerian PUPR Pelebaran Jalan Tol Jakarta-Cikampek sebagai antisipasi arus lonjakan pemudik Lebaran 2022

Sebagai contoh, Ia pun menjelaskan arti angka di papan penunjuk Tol Pondok Aren-Serpong dengan angka 16.

"Pengguna tol ketika melihat rambu tersebut dapat mengartikan bahwa ia dapat keluar ke arah tujuan yang tertera di panel RPPJ Pondok Aren dan Serpong di km 16," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com