Kompas.com - 07/04/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia, bahkan bisa dibilang sudah berlangsung dua tahun sampai saat ini. Banyak industri yang terkena imbas pandemi, salah satunya adalah karoseri pembuat bodi bus.

Karoseri Laksana di Ungaran, Jawa Tengah merasakan efek pandemi seperti semakin sedikit pesanan bus dari operator. Situasi ini karena dalam dua tahun belakangan banyak larangan bepergian, membuat operator bus berkurang pendapatannya.

"Nyawanya karoseri itu dari orderannya PO bus. PO-nya enggak jalan ya kita makan apa," kata Lang Widya, Sales Representative Karoseri Laksana kepada Kompas.com di Jakarta belum lama ini.

Baca juga: Menanti Generasi Baru Legacy SR Series dari Karoseri Laksana

Kabin Maha Motorhomes hasil kolaborasi Baze dan Karoseri LaksanaKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Kabin Maha Motorhomes hasil kolaborasi Baze dan Karoseri Laksana

Oleh karena itu, karoseri harus memutar otak agar tetap bisa produktif selama pandemi. Satu hal yang mulai nge-tren saat pandemi adalah liburan mandiri dengan mobil atau memakai campervan dan motorhome.

"Tahun lalu saya ngusulin, kita bikin sebenarnya aksesorinya saja kayak roof top tent atau awning. Jadi kita bisa jual juga ke toko-toko variasi, tapi bos punya ide lain, kenapa enggak buat saja (motorhome)," ucap Lang Widya.

Laksana sendiri baru saja merilis kendaraan hasil kolaborasi dengan Baze, yakni Maha Motorhomes Adventure. Motorhome ini menggunakan basis double cabin, Laksana membuat bodinya, Baze merancang kabinnya.

Baca juga: Bocoran Titik Speed Camera di Tol Trans-Jawa, Ini Tanggapan Jasa Marga

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by KAROSERI LAKSANA (@laksanabus)

 

Selain itu, Laksana baru juga meluncurkan Maha Motorhomes Family, motorhome yang sepenuhnya buatan Laksana dengan basis Isuzu Traga. Bentuknya pun lebih sederhana dengan fitur melimpah di kabinnya.

"Kebetulan ada yang tertarik (membuat motorhome), jadi kita kerja sama dengan dia. Mengingat motorome ini customized banget, jadi seleranya berbeda-beda," kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.