Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal New Honda Genio, Konsumsi BBM Tembus 51,8 Km per Liter

Kompas.com - 13/04/2022, 15:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan New Honda Genio pada Maret 2022. Setelah membahas tampilannya, kini saatnya kita ungkap rasa berkendara skutik seharga Rp 18,695 jta (tipe CBS) dan Rp 19,290 juta (tipe CBS ISS).

Secara umum, motor ini memiliki karakter yang ringan dan responsif di putaran bawah. Genio terbaru tampaknya cocok buat pengendara pemula seperti pelajar ataupun wanita.

Ciri khas ringan tak lepas berkat rangka eSAF (enhanced smart architecture frame). Rangka ini dibuat pakai pelat baja yang dipotong lalu dicetak, kemudian disambung pakai las laser.

Baca juga: Motor Listrik NIU Mengaku Catat Pertumbuhan Positif pada Q1 2022

Ilustrasi Honda Genio 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Honda Genio 2022

Proses pembuatannya persis rangka mobil berjenis monokok nih. Makanya bentuk rangka kedua motor ini mengotak, bukan pipa bulat lagi. Dibandingkan rangka model pipa, rangka eSAF ini punya bobot sekitar 4 kg lebih ringan.

Saat didorong-dorong, misal ketika parkir, motor terasa ringan dan tidak menyusahkan. Begitu juga saat akan distandar dua, Genio terbaru mudah sekali diangkat.

Sementara itu, tarikan ringan motor ini berasal dari mesin yang punya karakter over stroke, di mana piston pakai ukuran 47 mm dan langkah 63,1 mm.

Baca juga: Inden Suzuki Jimny Ditutup, tapi Banyak yang Paksa Beli

Jika dibandingkan dengan mesin 110 cc lawas dari Honda, ukuran pistonnya 50 mm dan langkahnya 55,1 mm.

Perubahan ini dilakukan karena Honda ingin membuat mesin ini punya tarikan responsif, namun juga mampu menghemat penggunaan bahan bakar.

Di atas kertas, tenaga mesin ini mencapai angka 9,0 PS atau setara 7 tk pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 pada 5.500 rpm.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Medan Magnet di Pelintasan Kereta Buat Mobil Mogok?

Test ride Honda Genio terbaruKOMPAS.com/ADITYO WISNU Test ride Honda Genio terbaru

Walau demikian, karena dibuat untuk mengejar putaran bawah yang responsif, tarikan atasnya agak lambat, butuh waktu lama mencapai topspeed.

Bicara soal konsumsi bahan bakar, berdasarkan pengetesan Kompas.com dengan metode full to full, New Honda Genio bisa menghasilkan 51,8 km per liter ketika diisi dengan BBM RON 92.

Angka ini didapat setelah menempuh jarak lebih dari 100 km melewati rute kombinasi, seperti jalan macet di perkotaan, jalan perumahan yang membutuhkan stop and go, hingga jalan lengang dengan kecepatan rata-rata tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com