Toyota Hadirkan Prototype GR Yaris H2, Pakai Bahan Bakar Hidrogen

Kompas.com - 10/12/2021, 14:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan masa depan adalah kendaraan yang ramah lingkungan. Banyak pabrikan yang menciptakan kendaraan listrik, tapi beberapa juga mengembangkan mesin berbahan bakar hidrogen, termasuk Toyota.

Toyota sudah memperkenalkan Mirai yang memiliki sumber tenaga dari fuel cell. Belum lama ini, Toyota juga dikabarkan sedang mengembangkan mesin berbahan bakar hidrogen, dan prototype tersebut dilakukan dengan model GR Yaris alias GR Yaris H2.

Baca juga: Toyota Serahkan GR Yaris kepada Pemilik Pertama

Dikutip dari Motor1.com, Jumat (10/12/2021), mesin 1.6 liter 3-silinder turbocharger disematkan pada GR Yaris. Namun, para teknisi Toyota harus memodifikasi sistem injeksinya untuk bahan bakar hidrogen murni.

Prototype Toyota GR Yaris dengan mesin berbahan bakar hidrogenDok. Toyota Prototype Toyota GR Yaris dengan mesin berbahan bakar hidrogen

Prototype Yaris ini adalah mobil kedua Toyota yang menggunakan mesin berbahan bakar hidrogen. Sebelumnya, Toyota juga sempat bereksperimen pada Corolla dengan basis mesin yang sama.

Dibandingkan dengan mesin berbahan bakar bensin, emisi yang dihasilkan disebutkan jauh lebih baik dengan menggunakan bahan bakar hidrogen.

Baca juga: Mengulik Kentalnya Aura WRC pada GR Yaris

Prototype Corolla tersebut juga diturunkan dalam ajang balap di Jepang, yakni Super Taikyu, sejak Mei lalu. Bahkan, CEO Toyota Motor Corporation Akio Toyoda juga sempat menjadi pebalapnya.

Prototype Toyota GR Yaris dengan mesin berbahan bakar hidrogenDok. Toyota Prototype Toyota GR Yaris dengan mesin berbahan bakar hidrogen

Dibandingkan dengan mesin bertenaga listrik, dengan mesin berbahan bakar hidrogen, suara raungan mesin atau knalpot masih dapat didengar.

Teknologi yang dikembangkan dapat menghasilkan nol emisi tanpa mengurangi pengalaman berkendara seperti biasanya.

Untuk diketahui, Toyota sudah mengembangkan mesin berbahan bakar hidrogen sejak 2017 lalu. Meskipun, mesin tersebut masih jauh dari kata produksi massal.

Prototype Toyota GR Yaris dengan mesin berbahan bakar hidrogenDok. Toyota Prototype Toyota GR Yaris dengan mesin berbahan bakar hidrogen

Beberapa pengamat menyebutkan masih butuh beberapa tahun untuk mesin tersebut digunakan oleh masyarakat umum. Kabarnya, Toyota tetap siap menghadirkannya ke pasaran pada 2025 mendatang melalui generasi Prius berikutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.