Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urai Kemacetan di Mandalika, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Kompas.com - 17/03/2022, 07:12 WIB
Dio Dananjaya,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

MATARAM, KOMPAS.com – Lalu lintas di sekitar Sirkuit Mandalika diprediksi bakal ramai pada akhir pekan ini. Bahkan kemacetan sudah diprediksi bakal terjadi karena kedatangan penonton MotoGP pada 18-20 Maret 2022.

Direktur Lalu Lintas Polda Nusa Tenggara Barat Kombes Djoni Widodo, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengurai kemacetan kendaraan yang akan berdatangan ke kawasan Mandalika.

“Pastinya kendaraan akan ramai, tetapi kami yakinkan tidak macet, pergerakan lancar,” ujar Djoni, disitat dari Antara (16/3/2022).

Baca juga: Johann Zarco Mampir ke Rumah Crazy Rich Priok, Ahmad Sahroni

Pengunjung mengambil gambar di salah satu spot di area depan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (15/3/2022). Saat ini, berbagai persiapan jelang MotoGP pada 18-20 Maret 2022 terus dikebut baik di dalam maupun di luar kawasan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengunjung mengambil gambar di salah satu spot di area depan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Selasa (15/3/2022). Saat ini, berbagai persiapan jelang MotoGP pada 18-20 Maret 2022 terus dikebut baik di dalam maupun di luar kawasan Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika.

“Jadi ada dua rekayasa besar yang kita siapkan, itu dari lima koridor masuk sampai ke sirkuit,” ujar kata dia.

Rekayasa pertama dengan mengatur pergerakan kendaraan di luar kawasan Mandalika. Rutenya dari lima koridor masuk, para penonton sampai ke pos penyekatan terakhir di Bundaran Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM), Kabupaten Lombok Tengah.

“Dari Bundaran Bizam itu nanti akan dilakukan pemeriksaan kendaraan, apakah melalui jalur barat menuju Sengkol atau timur, melewati Jalan Bypass BIL-Mandalika ke Bundaran Sunggung,” ucap Djoni.

Baca juga: Bukan Motor Balap untuk MotoGP, Ini Daftar Motor yang Digunakan Parade

Foto udara tikungan ke 10 Pertamina Mandalika International Street Circuit jelang tes pramusim MotoGP di KEK Mandalika, Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/2/2022). MotoGP Official Test atau tes pramusim untuk seri balap MotoGP 2022 akan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari mendatang dan diikuti 24 pebalap dari 12 tim MotoGP yang dipastikan siap tampil di Sirkuit Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/tom.AHMAD SUBAIDI Foto udara tikungan ke 10 Pertamina Mandalika International Street Circuit jelang tes pramusim MotoGP di KEK Mandalika, Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Rabu (9/2/2022). MotoGP Official Test atau tes pramusim untuk seri balap MotoGP 2022 akan berlangsung di Sirkuit Mandalika pada 11-13 Februari mendatang dan diikuti 24 pebalap dari 12 tim MotoGP yang dipastikan siap tampil di Sirkuit Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/tom.

Menurutnya, pemeriksaan kendaraan tersebut dilakukan berdasarkan stiker yang ditempel di kaca depan.

Pemeriksaan ini tidak hanya berlaku bagi shuttle bus, namun juga kendaraan lainnya yang hendak masuk menuju kawasan Mandalika.

“Kalau tidak ada stiker, kita minta putar balik,” kata Djoni.

Baca juga: Absen Ikut Parade, Fabio Quartararo Bersantai di Mandalika

Permukaan lintasan garis kerb setelah selesai dilakukan pengecatan di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Senin (14/3/2022). Pertamina Mandalika International Street Circuit menggunakan cat jenis anti slip yang biasa digunakan di banyak lapangan olahraga.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Permukaan lintasan garis kerb setelah selesai dilakukan pengecatan di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Senin (14/3/2022). Pertamina Mandalika International Street Circuit menggunakan cat jenis anti slip yang biasa digunakan di banyak lapangan olahraga.

Lebih lanjut, rekayasa lalu lintas itu nantinya akan berubah di hari terakhir pelaksanaan MotoGP 2022. Sekitar pukul 16.00 WITA, Djoni memastikan akses menuju kawasan Mandalika sudah ditutup.

“Jadi tidak boleh lagi ada kendaraan masuk. Kita berlakukan sistem satu arah. Jadi dua jalur masuk itu, Jalan BypassBIL-Mandalika dan Sengkol, itu diubah untuk jalur keluar,” ucap Djoni.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com