Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempuh 142 Km, Seberapa Irit Konsumsi BBM All New Xenia 1.5 R CVT?

Kompas.com - 17/02/2022, 15:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Perubahan total All New Daihatsu Xenia patut mendapatkan acungan jempol. Tak sekadar transformasi desain, kenyamanan, serta fitur saja, tapi juga menawarkan karakter berkendara baru yang lebih berkesan.

Dari hasil pengetesan yang redaksi lakukan, kesimpulan soal perfoma yang ditawarkan generasi ketiga Xenia kali ini jauh lebih responsif dibanding versi lawasnya.

Tentu hal tersebut tak lepas dari beberapa perubahan besar yang revolusioner, sehingga membuat mesin 2NR-VE berkapasitas 1.500 cc yang masih digunakan makin optimal.

Baca juga: Sensasi Kenyamanan Baru Daihatsu Xenia yang Naik Kelas

Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVTKOMPAS.com/Adityo Wisnu Test Drive All New Xenia 1.500 cc ASA CVT

 

Mulai dengan penggunaan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) yang membuat tingkat kestabilan berkendara lebih smooth, penggerak roda depan, sampai transmisi D-CVT tujuh percepatan.

Kolaborasi rangkaian tersebut, tak hanya berujung pada sensasi berkendara MPV sejuta umat Daihatsu ini yang lebih impresif, tapi juga memberikan efek positif dari sisi konsumsi bahan bakarnya.

Dari hasil pengetesan berkendara di dalam kota, dengan gaya berkendara normal, All New Xenia bermesin 1.500 cc varian tertinggi yang redaksi bawa mampu menghasilkan 14,4 kpl dengan kecepatan rata-rata 24 kpj berdasarkan MID.

Sementara ketika diajak melintas luar kota dengan mayoritas rute tol hingga menempuh jarak 142,9 km, konsumsi rata-rata yang redaksi dapat dari MID mencapai 17,2 kpl. Artinya 1 liter bensin mampu menempuh jarak sejauh 17 km.

Konsumsi rata-rata BBM Daihatsu All New XeniaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Konsumsi rata-rata BBM Daihatsu All New Xenia

Baca juga: Sensasi Berkendara All New Xenia 1.5 R CVT ASA, Jauh Lebih Responsif

Untuk gaya berkendara, ketika di jalan tol memang kombinasi. Redaksi sedikit agresif untuk merasakan performa dan pada momen tertentu juga mencoba konstan menjaga kecepatan.

Selama perjalanan, pendingin udara alias AC juga tetap dinyalakan, termasuk blower pada baris kedua.

Berdasarkan hasil  tersebut, tak salah bila menganggap konsumsi BBM Xenia baru masih dalam kategori yang cukup baik bagi sebuah MPV.

Daihatsu All New XeniaKOMPAS.com/Adityo Wisnu Daihatsu All New Xenia

 

Tapi perlu dipahami pengujian yang redaksi lakukan tidak dalam kondisi penumpang penuh, karena tentu dengan bobot yang bertambah hasilnya akan berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com