Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Tol Bali-Mandara Naik, Berikut Rinciannya

Kompas.com - 27/02/2022, 08:01 WIB
Arif Nugrahadi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa ruas jalan tol di Indonesia mengalami kenaikan tarif pada kuartal I tahun 2022. Salah satu yang mengalami kenaikan yakni jalan tol Bali-Mandara.

Jalan tol Bali-Mandara melakukan penyesuaian tarif mulai Sabtu (26/2/2022) pukul 24.00 Waktu Indonesia Tengah (WITA).

Baca juga: Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Hari Ini

Penyesuaian tarif ini dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 75/KPTS/M/2022.

Dilansir dari akun instagram @jasamargabalitol_official pada Sabtu (26/2/2022), kenaikan tarif yang diterapkan yakni naik Rp 500 dari tarif sebelumnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by PT Jasamarga Bali Tol (@jasamargabalitol_official)

 

Tarif lama tol untuk kendaraan golongan I adalah Rp 12.500 dan berubah menjadi Rp 13.000. Untuk kendaraan golongan II dan III berubah dari Rp 19.000 menjadi Rp 19.500.

Selanjutnya adalah tarif tol golongan IV dan V yang naik dari Rp 25.000 menjadi Rp 25.500.

Berbeda dengan yang lain, untuk kendaraan golongan VI diketahui tidak mengalami penyesuaian tarif tol dan tetap pada harga Rp 5.000.

Baca juga: Pengemudi Pemula, Jangan Berkendara di Jalur Lambat Jalan Tol

Seperti diketahui, jalan tol Bali-Mandara merupakan jalan tol atas laut pertama dan bisa dilintasi kendaraan roda dua di Indonesia.

Selain itu, jalan tol sepanjang 12,7 kilometer yang dikelola oleh PT Jasa Marga Bali Tol ini juga dilengkapi dengan alat ukur kecepatan angin atau anemometer, yang berguna untuk menjaga keselamtan pengguna jalan yang akan melintas.

Pilar jalan Tol Bali-Mandara dilapisi teknologi cat antifouling sebagai pelindung dari korosi dan kerusakan.Dok. BPJT Kementerian PUPR Pilar jalan Tol Bali-Mandara dilapisi teknologi cat antifouling sebagai pelindung dari korosi dan kerusakan.

Anemometer ini ditempatkan di setiap gerbang tol, meliputi gerbang tol Nusa Dua, Ngurah Rai dan Benoa guna menjami keamanan pengendara

Baca juga: Selain Punya BMW R18, Ternyata Ariel NOAH Setia dengan Suzuki Shogun

Alat tersebut mampu memudahkan monitoring kecepatan angin real time melalui gadget serta memberikan peringatan apabila kecepatan angin telah melebihi standar yang berlaku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com