Berkendara di Jalan Tol, Ingat Rumus Jaga Jarak 3 Detik

Kompas.com - 26/02/2022, 18:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaga jarak aman antar kendaraan di jalan tol sangat penting untuk menghindari terjadinya tabrakan beruntun.

Di jalan tol, kendaraan melaju dalam kecepatan yang tinggi. Namun, pengemudi perlu mengantisipasi jika kendaraan di depannya mendadak memperlambat kecepatan atau berpindah lajur.

Dengan menjaga jarak aman, akan ada ruang bagi pengemudi untuk menurunkan kecepatan secara bertahap, bukan rem mendadak yang pada akhirnya bisa menyebabkan tabrakan beruntun.

Baca juga: Anti Nyundul, Patokan Sederhana Jaga Jarak Antar Mobil

Training Director The Real Driving Centre (RDC) Marcell Kurniawan menjelaskan metode berhitung tiga detik saat ingin menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan.

Ia mengatakan, hitungan jarak tidak mungkin dilakukan saat berkendara. "Hitungan travelling kita saat berkendara itu paling mudah adalah kilometer per jam (kpj)," ucap Marcell.

Marcell memaparkan, tiga detik bisa mengantisipasi jarak sekitar 84 meter dari kendaraan di depannya.

Ilustrasi jaga jarak aman 3 detikivanhumphrey.blogspot Ilustrasi jaga jarak aman 3 detik

Misal, jika kendaraan bergerak dari angka 100 kpj, per menit dibagi 60 detik untuk mendapatkan jarak 1.667 meter per menit. Kemudian, dibagi lagi 60 untuk mendapatkan waktu satu detik yaitu 28 meter per detik.

Jadi, mengacu pada perhitungan tersebut, waktu tiga detik bisa mengantisipasi jarak sekitar 84 meter.

Baca juga: Demi Penumpang, Bangku Bus Sekarang Makin Lebar

Jaga jarak aman juga memperhitungkan reaksi manusia dan mekanis saat ingin memperlambat laju kendaraan atau melakukan manuver. Karena, ada waktu yang dibutuhkan mulai dari seseorang memproses suatu keadaan hingga menginjak pedal rem.

Reaksi yang ditimbulkan saat pedal rem diinjak juga tidak instan. Maka dari itu, menjaga jarak aman antar kendaraan dapat memberi ruang untuk pengemudi bermanuver dan melakukan tindakan, saat akan menghindari kejadian tak diinginkan di depannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.