Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Isi Bensin Motor Terlalu Penuh Sampai Luber

Kompas.com - 11/02/2022, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika mengisi bensin pemilik sepeda motor sering mengisi sampai penuh atau full tank. Bahkan kadang karena kesalahan di SPBU sampai luber ke luar.

Technical Service Division PT Astra Honda Motor, Endro Sutarno mengatakan, sebenarnya ada batas aman di tangki motor. Karena jika luber malah bisa merusak bagian yang ada di sekitar tangki.

Baca juga: Ubahan Honda RC213V Diklaim Cocok buat Semua Pebalap

Batas isi bensin motorKompas.com/Fathan Radityasani Batas isi bensin motor

“Batas amannya bisa dilihat pada mulut tangki. Usahakan bensin rata dengan lubang tutup tangki bagian bawah,” ucap Endro kepada Kompas.com belum lama ini.

Endro mengatakan, batas ini biasa ada pada setiap model tangki motor. Sebenarnya tidak masalah jika sedikit melewati batasnya, selama tidak keluar atau luber.

Memang sebagian motor sudah ada saluran di sekitar tangki yang mengalirkan bensin berlebih ke darat atau tanah. Namun kondisi saluran itu juga harus baik.

Jangan sampai ketika bensin yang melewati saluran tersebut  tercecer kemana-mana. Bensin yang menetes ini yang dikhawatirkan bisa menyebabkan motor terbakar kalau ada pemantiknya.

Baca juga: Penyekatan 9 Titik Jalan di Karawang Ditunda

Tangki bensin dan bagasi Revo FI Tangki bensin dan bagasi Revo FI

“Kondisi saluran yang tidak baik bisa menyebabkan api kalau ada pemicunya. Agar lebih aman ya isi bensin penuh jangan sampai luber, itu saja,” Kata Endro.

Kemudian jika tangki diisi penuh jangan khawatir soal sirkulasi udaranya. Pada tutup tangki ada lubang jadi sirkulasi udara bisa lancar. Sehingga aman jika ingin mengisi tangki sampai penuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com