Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantauan Harga Bekas Honda Megapro, Mulai Rp 6 Jutaan

Kompas.com - 11/02/2022, 17:12 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbicara tentang sepeda motor kelas sport naked yang pernah dipasarkan Honda di Indonesia, maka Megapro akan jadi salah satu nama yang terlintas di pikiran.

Motor ini sering disebut sebagai motor bapak-bapak mengingat posisi duduk pengendaranya yang tegak dan dianggap kurang sporty bagi kalangan muda.

Hadir di Tanah Air sejak 1999, Megapro menjadi pengganti Honda GL Pro Neotech. Meski secara tampang Megapro mirip Honda Tiger, dapur pacu yang disematkan memakai seri Neotech, mesin kubikasi 160 cc dengan sistem pengabutan karburator.

Pada awal kemunculannya hingga 2006, sepeda motor ini kerap berjuluk Megapro 'Hiu', berkat desain buritannya yang seperti moncong ikan hiu. Megapro generasi pertama ini belum disematkan fitur starter elektrik dan baru ada ketika versi facelift-nya hadir di 2002.

Baca juga: Sedan Bekas Rp 70 Jutaan per Februari 2022, dari Civic sampai Camry

Honda Megapro 'Primus'Astra Honda Motor Honda Megapro 'Primus'

Di tahun 2006, generasi kedua Megapro rilis. Spesifikasi mesin masih sama seperti pendahulunya. Namun ada perubahan desain bodi terutama pada ekor yang dibuat meruncing. Knalpotnya diberi cover dan trim pelek palang jadi varian standar.

Megapro generasi kedua dijuluki Megapro 'Primus' sesuai nama aktor terkenal saat itu yang jadi brand ambassador-nya.

Memasuki 2010, datang New Megapro sebagai generasi ketiga. Basis desain dan dapur pacu berkiblat pada Honda CB Unicorn Dazzler yang dipasarkan di India.

Tampangnya berubah total dari generasi sebelumnya, termasuk penggunaan suspensi tunggal di bagian belakang dan lampu utama berukuran besar, tidak lagi membulat.

Lalu pada 2014, diluncurkan New Megapro FI sebagai langkah Honda dalam mengikuti tren mesin injeksi di Tanah Air.

Spesifikasi mesin serupa dengan New Megapro, cuma penggantian sistem pengabutan dari karburator menjadi injeksi. Untuk tampangnya hanya dilakukan perubahan minor.

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell, dan Vivo per Februari 2021

Honda MegaPro FI diklaim lebih responsif dan irit.Donny Apriliananda Honda MegaPro FI diklaim lebih responsif dan irit.

Megapro sudah disuntik mati oleh Honda pada 2018. Untuk mendapatkannya, cara termudah saat ini adalah berburu unit bekasnya. Dilansir dari sejumlah bursa motor bekas daring, Jumat (11/2/2022), Megapro bekas dibanderol mulai harga Rp 6 jutaan.

Karena statusnya yang sudah discontinued, pastikan mengecek Megapro bekas yang akan dibeli secara menyeluruh agar tak perlu keluar banyak biaya untuk perbaikan. Tanyakan pula kelengkapan surat kepemilikan dan status pajak kendaraannya.

Berikut kisaran harga Honda Megapro bekas per Februari 2022.

  • Honda Megapro 'Hiu': Rp 7 juta - Rp 12 juta
  • Honda Megapro 'Primus': Rp 7 juta - Rp 13 juta
  • Honda New Megapro: Rp 6 juta - Rp 15 juta
  • Honda New Megapro FI: Rp 7 juta - Rp 12 juta
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com