Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 5 Jenis Marshal yang Bertugas di MotoGP Mandalika 2022

Kompas.com - 11/02/2022, 14:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MANDALIKA, KOMPAS.com – Ratusan marshal lokal dipastikan bertugas mengawal tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, NTB, pada 11-13 Februari 2022.

Meskipun terkesan sepele, fungsi marshal amat penting dalam gelaran MotoGP. Secara umum, marshal ialah orang yang membantu di lapangan ketika balapan terjadi insiden.

Donny Mahardjono, instruktur marshal dari Ikatan Motor Indonesia (IMI), mengklasifikasikan 5 kategori marshal yang bertugas pada sesi tes pramusim maupun saat balapan MotoGP Mandalika pada Maret mendatang.

Baca juga: Update Harga BBM Pertamina, Shell, dan Vivo per Februari 2021

Sejumlah marshal membantu mengangkat sepeda motor pebalap TPR OUTDO Pedercini Racing Oliver Konig (kanan) yang terjatuh dalam race 1 World SBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Pebalap tim Pata Yamaha With Brixx World SBK Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021.ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Sejumlah marshal membantu mengangkat sepeda motor pebalap TPR OUTDO Pedercini Racing Oliver Konig (kanan) yang terjatuh dalam race 1 World SBK seri Indonesia 2021 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (21/11/2021). Pebalap tim Pata Yamaha With Brixx World SBK Toprak Razgatlioglu berhasil menjadi juara dunia WSBK 2021.

“Ada 5 kategori, dari Flag Marshal, Track Marshal, Rescue Marshal, Pit dan Grid Marshal, dan terakhir Moto Taxi,” ujar Donny, disitat dari Tribunnews.com (11/2/2022).

Melihat fungsinya, justru peran marshal amat vital dalam jalannya lomba. Marshal harus mampu berkoordinasi dengan baik.

Karena berdasarkan informasi dari mereka lah, para Steward atau juri yang bertugas bisa mengambil dan menentukan keputusan.

Baca juga: Tol Japek II Selatan Siap Beroperasi 2023

Marshal mengibarkan bendera kuning tanda balapan harus ditunda karena cuaca yang tidak mendukung di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021).KOMPAS.com/Mochamad Sadheli Marshal mengibarkan bendera kuning tanda balapan harus ditunda karena cuaca yang tidak mendukung di Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021).

“Jadi mereka (marshal) punya spesifikasi job, namun tetap saja mereka harus saling mengerti dan koordinasi,” ucap Donny.

Oleh sebab itu, marshal diharapkan tidak hanya memiliki mental yang siap, tapi juga cekatan terhadap insiden yang terjadi di sirkuit.

Apalagi para pebalap baru pertama kali merasakan langsung aspal Sirkuit Pertamina Mandalika, yang memiliki total 17 tikungan ini.

Tes pramusim kali ini juga menjadi ajang latihan perdana, sebelum race MotoGP 2022 di Mandalika pada bulan depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com