Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Hybrid Yamaha Fazzio Diklaim Aman Terobos Banjir

Kompas.com - 04/02/2022, 15:41 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comYamaha Fazzio mengusung teknologi yang terbilang canggih untuk skutik di kelasnya. Meski begitu, motor ini diklaim aman jika terpaksa menerjang banjir.

Seperti diketahui, Yamaha Fazzio Hybrid-Connected didukung oleh dua sumber tenaga yang secara simultan memberikan dorongan saat akselerasi awal.

Sumber tenaga dari skutik bergaya retro ini dihasilkan dari mesin, serta tenaga dari Electric Power Assist Start yang bersumber dari aki.

Baca juga: Ini Kata Honda Soal Kehadiran Yamaha Fazzio

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

Electric Power Assist Start membantu mesin konvensional, dengan memberi tenaga tambahan pada 3 detik pertama saat akselerasi awal atau ketika putaran mesin berada di bawah 5.500 rpm.

Lantas dengan segala keunggulan teknologi yang dimilikinya, apakah Fazzio aman dipakai untuk melewati banjir? Pasalnya, posisi aki skutik ini berada di bawah dek kaki.

Aji Handoko, Manager Technical and Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, pihaknya telah melakukan pengujian internal pada Yamaha Fazzio.

Baca juga: Antisipasi Omicron, Dyandra Siapkan Jadwal Cadangan Pelaksanaan IIMS 2022

Yamaha FazzioKOMPAS.com/ADITYO WISNU Yamaha Fazzio

“Sejauh ini meskipun posisinya berada di bawah masih aman,” ucap Aji, saat ditemui di Bogor pada Kamis (3/2/2022).

“Dari hasil pengujian saat melewati banjir dan motor berhenti total, kami coba bongkar tempat aki. Aki masih kering, jadi motor berhenti bukan karena baterai, (tapi) terendam air," kata dia.

Adapun soal perawatan berkalanya, Aji juga mengatakan, tidak ada perawatan khusus maupun perbedaan dengan skutik Yamaha lainnya.

Baca juga: Bahaya, Jangan Mengemudi Tanpa Alas Kaki

"Yang membedakan programmingnya saja. Perawatannya sama, tidak ada perbedaan dengan motor biasa," kata Aji.

Untuk diketahui, Fazzio didukung mesin 125 cc 1-silinder berkapasitas 124,86 cc SOHC. Mesin tersebut sanggup hasilkan tenaga 8,3 tk pada 6.500 rom dan torsi 10,6 Nm pada 4.500 rpm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com