Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sembarang Retrim Bila Jok Mobil Dilengkapi Airbag

Kompas.com - 26/01/2022, 19:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Melapisi ulang jok mobil, atau kearap disebut retrim, kerap dilakukan pemilik kendaraan yang punya tampilan interior standar atau lawas. 

Tapi bagi pemilik mobil modern yang sudah dilengkapi airbag samping atau side airbag pada jok, apakah retrim tetap bisa dilakukan?

Edy, pemilik bengkel spesialis interior Vertue Concept di Sunter mengatakan, retrim jok mobil masih bisa dilakukan untuk kendaraan yang dilengkapi airbag samping.

Namun ada tapinya, yakni ada cara khusus ketika mengerjakan. Artinya tidak bisa sembarang agar fungsi dari airbag tetap bisa bekerja.

Baca juga: Modal Rp 3 Jutaan, Innova Lawas Bisa Pakai Jok Captain Seat

“Tetap bisa dilakukan. Karena kita menggunakan benang dan teknik penjahitan khusus, di mana teknik tersebut sudah kita pelajari dari principal di Austria sebagai acuan untuk keamanan dalam berkendara. Sehingga airbag tetap bisa berfungsi dengan baik,” ucap Edy saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/1/2022).

.Automotive Times .

Menurut Edy, kesulitan dalam pengerjaan hampir sama dengan jok yang lain, yang terpenting sudah mengerti bagian mana saja yang menggunakan benang dan pola jahitan yang sesuai standar, agar airbag tetap berfungsi.

Baca juga: Cara Tambal Ban Tubeless Model Tusuk Ternyata Tidak Disarankan

“Kesulitan dalam pengerjaannya sama. Mamun ketika retrim jok yang memiliki airbag harus pastikan kalau ketika kecelakaan, jahitan tidak menahan kantung udara untuk keluar dari jok,” kata Edy.

Sebab itu, melihat fungsinya yang penting dalam keselamatan, melakukan modifikasi retrim jok kendaraan harus dilakukan orang yang berpengalaman. Jangan sampai mengurangi unsur keselamatan pada kendaraan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com