Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/01/2022, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Suspensi merupakan salah satu bagian penting di mobil yang mampu meningkatkan kenyamanan berkendara. Apalagi, kendaraan digunakan dalam jarak yang cukup jauh.

Tetapi, tidak dimungkiri masih banyak pengendara atau pemilik mobil di Tanah Air yang kerap mengabaikan perawatannya. Hingga pada akhirnya kenyamanan pada mobil kesayangan jadi berkurang signifikan.

Padahal sebagaimana dikatakan oleh Kepala Bengkel Auto2000 Permata Hijau, Jakarta Barat, Edwin Dwi Novianto, perawatan suspensi sangatlah mudah dan bisa dilakukan secara mandiri.

Baca juga: Polisi Menegaskan Truk ODOL Masuk Kategori Kejahatan Lalu Lintas

Pelek besar ditambah air suspensionStanly/KompasOtomotif Pelek besar ditambah air suspension

"Pertama, tentu dengan melakukan perawatan servis rutin sehingga bisa mengetahui secara dini apabila terjadi abnormality di suspensi. Terkhusus di kendaraan pada umumnya," kata dia dalam keterangan tertulis.

Kemudian menurut Edwin, cara lainnya dengan memantau langsung di komponen yang berhubungan secara linier maupun tidak langsung ke suspensi itu sendiri.

"Seperti memastikan tekanan ban sesuai standar dan jaga kapasitas atas muatan mobil tidak melebihi batas normalnya supaya beban suspensi tak terlalu berat hingga berkerja lebih ekstra," katanya.

Baca juga: Sepanjang 2021, Renault Cuma Jual 497 Unit Mobil

Pelek TRD pada Rush TRD Sportivo Ultimo.Febri Ardani/KompasOtomotif Pelek TRD pada Rush TRD Sportivo Ultimo.

"Menjaga pola pengendaraan dan menghindari kondisi-kondisi jalan yang dapat mengakibatkan keausan berlebih pada ban dan kerusakan sistem suspensi juga penting," lanjut Edwin.

Tidak lupa, lakukan spooring dan balancing ke seluruh roda mobil secara berkala minimal setiap jarak tempuh mencapai 10.000 kilometer.

Apabila saat mobil berhenti terdapat cairan mencurigakan atau tidak umum di kolong, segera hubungi bengkel resmi terdekat. Termasuk jika suspensi sudah mengeluarkan bunyi yang cukup keras.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com