Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Modifikasi Motor, Parts Custom Bolt On Bakal Makin Ramai

Kompas.com - 30/12/2021, 19:51 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi sangat luas dan berbagai jenis, mulai dari custom sampai variasi tinggal pasang. Adapun untuk tren modifikasi sepeda motor tahun depan diprediksi bakal berubah.

Susanto Gunawan, builder Speedking Garage, asal Bandung, mengatakan, ke depan bakal makin banyak konsumen yang ingin mengerjakan motornya sendiri. 

Baca juga: Tenang, Pertamina Jamin Pertalite Masih Dipasarkan pada 2022

Sehingga ke depan akan arah modifikasi bakal lebih simpel. Kalaupun custom, konsumen ingin yang bisa instan atau mengerjakan sendiri.

Yamaha XSR155 Cafe RacerKOMPAS.com/Gilang Yamaha XSR155 Cafe Racer

"Arahnya bakal lebih ke simpel, orang bisa pasang sendiri karena sekarang banyak juga yang mengerjakan sendiri di rumah," kata Yank panggilannya kepada Kompas.com belum lama ini.

Menurutnya, bakal banyak parts custom yang tinggal pasang. Sehingga memudahkan pemilik untuk memodifikasi sendiri tanpa harus berlama-lama meninggalkan motor di bengkel.

"Jadi orang beli apalagi sekarang online sudah maju, orang beli barang tapi bisa mengerjakan sendiri. Jadi lebih ke variasi bolt on, tapi kadang yang bolt on juga variasi custom yang bolt on juga banyak," ungkapnya.

"Ke depan bakal seperti itu, jadi custom yang di bengkel lama dan potong-potong yang ekstrem agak sedikit berkurang," katanya.

Baca juga: Sudah Tahu, Fungsi Utama Sun Visor pada Mobil

Modifikasi Vespa AwkarinFoto: Scooter VIP Modifikasi Vespa Awkarin

Bicara mengenai tren modifikasi Vespa, Dennil Sagita pendiri Scooter VIP workshop modifikasi dan perawatan Vespa modern di Bekasi, mengatakan, tahun depan racing style akan tetap bertahan.

"Beberapa pengguna Vespa masih nyaman dengan produk part aftermarket luar negeri karena untuk part mereka jauh lebih siap dari segi teknologi maupun research and development-nya," kata Dennil.

Meski komponen aftermarket dari luar negeri tidak murah, tapi hal itu justru yang jadi daya tarik. Sebab motor yang didandani dengan komponen tersebut bakal punya gengsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com