Tenang, Pertamina Jamin Pertalite Masih Dipasarkan pada 2022

Kompas.com - 30/12/2021, 13:31 WIB
Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 perliter. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KRISTIANTO PURNOMOPetugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 perliter. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan munculnya kabar penghapusan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite, PT Pertamina (Persero) Tbk, akhirnya angkat bicara dengan mamberikan kepastian bila RON 90 akan tetap dijual pada 2022.

"Pertalite masih kita sediakan di 2022," ujar Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting kepada Kompas.com, Kamis (30/12/2021).

Kabar soal nasib Pertalite yang masih akan tetap tersedia bagi masyarakat, sebelumnya juga sudah ditegaskan oleh Direktur Utama PT Pertamina Nicke Widyawati via kanal Youtube Wakil Presiden RI.

Baca juga: Gaya Hedonisme Honda CBR250RR yang Kental Aura Superbike

Nicke mengatakan, tak ada kebijakan soal penghapusan BBM jenis Pertalite. Pertamina sendiri ingin lebih mengedukasi masyarakat terkait penggunaan BBM yang direkomendasikan.

SPBU PertaminaPERTAMINA SPBU Pertamina

"Tidak ada kebihakan hari ini yang untuk menhapus Pertalite, itu tidak ada," kata Nicke.

Lebih lanjut Nicke menjelaskan, sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Nomor P20/Menlhk/Setjen/Kum1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang, maka direkomendasikan untuk menjual BBM RON 91.

Baca juga: Hyundai Indonesia Recall Palisade Terkait Masalah Rem

Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 perliter. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 perliter. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Dijelaskan bila BBM Premium memiliki RON 88 dan Pertalite RON 90. Menurut Nicke, secara bertahap masyarakat akan didorong untuk menggunakan jenis BBM yang lebih ramah lingkungan menggunakan BBM RON 91, yakni Pertamax.

"Ini lebih ke edukasi ke masyarakat mendorong menggunakan BBM yang lebih baik yaitu Pertamax, agar kita berkontribusi terhadap penurunan karbon emisi di Indonesia," ucap Nicke.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.