Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya yang Mengintai Pengemudi Jika Salah Pilih Alas Kaki

Kompas.com - 28/12/2021, 17:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.COM – Kaki memiliki peran yang sama pentingnya seperti tangan saat mengendarai mobil. Namun, alas kaki sering menjadi hal yang disepelekan oleh pengemudi mobil.

Tidak sedikit pengguna kendaraan roda empat yang mengenyampingkan pentingnya alas kaki. Bahkan, banyak pengendara mobil salah memilih alas kaki yang cocok untuk berkendara.

Salah memilih alas kaki akan membuat pengemudi sulit untuk melajukan mobilnya dengan aman. Karena alas kaki yang tidak nyaman saat menyetir, pengemudi akan mudah hilang kendali. Alhasil, pengemudi rentan alami kecelaan karena kelelaian sendiri.

Baca juga: Jangan Merokok di Mobil, Banyak Ruginya

Director and Founder Real Driving Centre (RDC) Roslianna Ginting mengatakan, jika alas kaki adalah hal yang wajib dikenakan oleh pengemudi mobil. Oleh karena itu, ada beberapa tipe alas kaki yang tepat dipakai untuk berkendara.

Alas kaki yang terbaik adalah sepatu atau sandal gunung yang mengikat dengan baik dan memiliki sol yang gripnya baik,” katanya pada Kompas.com, Senin (27/12/2021).

Alas kaki yang baik untuk mengendarai mobil adalah yang ketebalan sol sepatunya tidak lebih dari 1 cm. Kemudian, akan lebih baik bila ujung tumit sepatu solnya melengkung. Sepatu dengan bentuk seperti itu baik untuk engkel kaki pengemudi.

Mobil listrik Toyota bZ4XDok. Insideevs.com Mobil listrik Toyota bZ4X

Jangan pernah menggunakan high heels, stileto, atau alas kaki yang teralu tebal, tidak elastis dan sol licin. Jenis sepatu ini tidak direkomendasikan saat mengendarai mobil.

Menurut Roslianna, banyak pemilk mobil yang percaya jika merasakan pergerakan untuk berkendara dari telapak kaki. Faktanya, bukan dari telapak kaki melainkan dari tulang ekor, bokong dan paha.

Baca juga: Dear Ladies, Ini Alas Kaki yang Aman Digunakan saat Bawa Mobil

Kaki rentan alami berkeringat sehingga harus terlindungi dengan alas berupa sepatu yang nyaman. Sepatu yang nyaman akan menopang sinyal yang di berikan oleh tulang ekor, bokong dan paha sahat untuk mengoperasikan pedal.

Selain menjadi sumber bahaya saat mengemudi, salah memilih alas kaki juga berpengaruh pada kesehatan pengemudi.

“Pegal, kram, syaraf terjepit bisa jadi bahaya yang ditimbulkan saat mengenakan alas kaki yang tidak tepat,” pungkas Roslianna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com