Bagnaia Temukan Kunci Untuk Balapan Seperti Rossi

Kompas.com - 28/12/2021, 09:42 WIB
Rider Ducati Francesco Bagnaia dan pebalap legendaris Valentino Rossi bersalaman pada sesi FP3 MotoGP Valencia, Sabtu (13/11/2021). MOTOGPRider Ducati Francesco Bagnaia dan pebalap legendaris Valentino Rossi bersalaman pada sesi FP3 MotoGP Valencia, Sabtu (13/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia tidak disangka-sangka bisa sangat kompetitif pada MotoGP 2021. Meski demikian, Bagnaia mengaku musim depan akan menjalaninya tanpa tekanan.

Pebalap asal Ducati tersebut berhasil meraih empat kemenangan pada MotoGP 2021. Di klasemen akhir, Bagnaia juga berada di peringkat kedua.

Baca juga: Pecco Bagnaia Sebut MotoGP Sedang Berubah

Persaingannya dengan Fabio Quartararo dalam meraih gelar juara dunia MotoGP 2021 juga sangat ketat. Bahkan, selisih poinnya juga tidak jauh berbeda.

Pebalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi dan pebalao Ducati Francesco Bagnaia pada sesi latihan bebas kedua MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, 13 Agustus 2021.AFP/JOE KLAMAR Pebalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi dan pebalao Ducati Francesco Bagnaia pada sesi latihan bebas kedua MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, 13 Agustus 2021.

Bagnaia mengatakan, kemenangan di Aragon merupakan momen yang luar biasa baginya. Sebab, hasil tersebut adalah kemenangan pertama, ditambah lagi ada persaingan ketat dengan Marc Marquez.

"Sejak saat itu, saya mulai sangat menikmatinya, setiap sesi dan setiap akhir pekan yang saya lakukan di bagian akhir musim ini," ujar Bagnaia, dikutip dari Motorsport.com, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Ducati Jagokan Miller, Malah Bagnaia yang Hampir Jadi Juara Dunia

Bagnaia menambahkan, dia harus terus bekerja keras agar selalu bisa berkonsentrasi dan menikmati balapan setiap saat. Menurutnya, itu yang menjadi rahasia Valentino Rossi selama ini, yakni menikmati setiap momen saat berkendara.

Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) bersaing dengan Francesco Bagnaia (Ducati) pada MotoGP San Marino, 19 September 2021.ANDREAS SOLARO Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) bersaing dengan Francesco Bagnaia (Ducati) pada MotoGP San Marino, 19 September 2021.

"Tentunya, Aragon memicu sesuatu di pikiran saya dan juga sesuatu dalam karir saya, sepertinya saya harus bekerja keras dan selalu seperti itu," kata Bagnaia.

Namun, Bagnaia yakin meskipun Rossi sudah pensiun, tapi sebagai seorang mentor, Rossi akan tetap selalu ada untuk murid-murid VR46 Riders Academy. Walaupun, dia belum terang-terangan meminta tolong bantuan pebalap legendaris tersebut.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

"Menurut saya, dalam situasi seperti itu dia akan sangat dekat dengan saya atau dekat dengan pebalap yang butuh bantuan Vale. Dia mentor kami dan akan membantu kami tentunya. Tidak akan mudah, karena dia juga akan sibuk dengan pekerjaan barunya dengan mobil, tapi bagi kami dia akan selalu bersama kami setiap saat," ujar Bagnaia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.