Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagnaia Temukan Kunci Untuk Balapan Seperti Rossi

Kompas.com - 28/12/2021, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Francesco Bagnaia tidak disangka-sangka bisa sangat kompetitif pada MotoGP 2021. Meski demikian, Bagnaia mengaku musim depan akan menjalaninya tanpa tekanan.

Pebalap asal Ducati tersebut berhasil meraih empat kemenangan pada MotoGP 2021. Di klasemen akhir, Bagnaia juga berada di peringkat kedua.

Baca juga: Pecco Bagnaia Sebut MotoGP Sedang Berubah

Persaingannya dengan Fabio Quartararo dalam meraih gelar juara dunia MotoGP 2021 juga sangat ketat. Bahkan, selisih poinnya juga tidak jauh berbeda.

Pebalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi dan pebalao Ducati Francesco Bagnaia pada sesi latihan bebas kedua MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, 13 Agustus 2021.AFP/JOE KLAMAR Pebalap Petronas Yamaha SRT Valentino Rossi dan pebalao Ducati Francesco Bagnaia pada sesi latihan bebas kedua MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, 13 Agustus 2021.

Bagnaia mengatakan, kemenangan di Aragon merupakan momen yang luar biasa baginya. Sebab, hasil tersebut adalah kemenangan pertama, ditambah lagi ada persaingan ketat dengan Marc Marquez.

"Sejak saat itu, saya mulai sangat menikmatinya, setiap sesi dan setiap akhir pekan yang saya lakukan di bagian akhir musim ini," ujar Bagnaia, dikutip dari Motorsport.com, Selasa (28/12/2021).

Baca juga: Ducati Jagokan Miller, Malah Bagnaia yang Hampir Jadi Juara Dunia

Bagnaia menambahkan, dia harus terus bekerja keras agar selalu bisa berkonsentrasi dan menikmati balapan setiap saat. Menurutnya, itu yang menjadi rahasia Valentino Rossi selama ini, yakni menikmati setiap momen saat berkendara.

Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) bersaing dengan Francesco Bagnaia (Ducati) pada MotoGP San Marino, 19 September 2021.ANDREAS SOLARO Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) bersaing dengan Francesco Bagnaia (Ducati) pada MotoGP San Marino, 19 September 2021.

"Tentunya, Aragon memicu sesuatu di pikiran saya dan juga sesuatu dalam karir saya, sepertinya saya harus bekerja keras dan selalu seperti itu," kata Bagnaia.

Namun, Bagnaia yakin meskipun Rossi sudah pensiun, tapi sebagai seorang mentor, Rossi akan tetap selalu ada untuk murid-murid VR46 Riders Academy. Walaupun, dia belum terang-terangan meminta tolong bantuan pebalap legendaris tersebut.

Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021.   Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)MIRCO LAZZARI GP Francesco Bagnaia saat berlaga pada MotoGP Amerika 2021. Mirco Lazzari gp/Getty Images/AFP (Photo by Mirco Lazzari gp / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP)

"Menurut saya, dalam situasi seperti itu dia akan sangat dekat dengan saya atau dekat dengan pebalap yang butuh bantuan Vale. Dia mentor kami dan akan membantu kami tentunya. Tidak akan mudah, karena dia juga akan sibuk dengan pekerjaan barunya dengan mobil, tapi bagi kami dia akan selalu bersama kami setiap saat," ujar Bagnaia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com