Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terjadi Insiden Maut Pemotor Tertimpa Pohon Tumbang di Pondok Indah

Kompas.com - 19/12/2021, 08:41 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini, kabar insiden pohon tumbang mencelakakan pengguna jalan jamak ditemukan. Selain karena faktor cuaca seperti hujan dan angin kencang, faktor lain seperti batang pohon yang sudah lapuk juga bisa jadi penyebabnya.

Kasus terbaru pohon tumbang menimpa pengendara motor terjadi di Jalan Metro, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Sabtu (18/12/2021) sore. Akibatnya, pengendara motor tersebut meninggal dunia.

Dalam unggahan akun Instagram @tmcpoldametro, di hari yang sama, tertulis keterangan, "Sebuah Pohon tumbang menimpa pengendara sepeda motor di Jl Metro Pondok Indah Jakarta Selatan, korban tutup usia dan masih penanganan Polri. Situasi arus lalu lintas terpantau padat."

Baca juga: Kecelakaan Tol Cipali Semakin Sering Terjadi Dibanding Tahun Lalu

Terkait peristiwa tersebut, Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), memberikan sejumlah saran guna menghindari potensi bahaya dari fenomena alam seperti pohon tumbang.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by TMC Polda Metro Jaya (@tmcpoldametro)

"Kita bisa memantau kondisi dan cuaca dari smartphone. Bila memang situasinya dikabarkan akan ada hujan lebat dan potensi angin kencang, lebih baik tunda perjalanan tersebut. Ini kita bicara dari sisi safety, artinya lebih ke pencegahan,” ujar Jusri kepada Kompas.com belum lama ini.

“Apalagi bila berurusan dengan objek yang terjatuh dan tak terduga, bisa saja bukan hanya pohon, tetapi tiang listrik ataupun billboard yang terpasang di pinggir jalan,” ucapnya.

Baca juga: Kabur Saat Terlibat Kecelakaan, Denda Rp 75 Juta atau Penjara 3 Tahun

Jusri turut mengingatkan, waspada akan bahaya semacam itu bukan hanya dilakukan saat musim penghujan saja, tapi setiap hari. Sebab risiko objek jatuh menimpa tidak hanya disebabkan faktor cuaca saja.

Jika sudah terlanjur melakukan perjalanan lalu menghadapi cuaca hujan berangin, disarankan untuk berteduh dan tidak memaksakan berkendara. Pemilihan tempat berteduh pun harus diperhatikan.

Pilih lokasi berteduh yang memiliki konstruksi bangunan yang kokoh. Contohnya seperti ruko atau minimarket. Hindari pohon, lampu penerangan jalan, atau bangunan yang terlihat konstruksinya kurang kokoh guna menghindari risiko tertimpa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com