Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Terjadi Insiden Maut Pemotor Tertimpa Pohon Tumbang di Pondok Indah

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini, kabar insiden pohon tumbang mencelakakan pengguna jalan jamak ditemukan. Selain karena faktor cuaca seperti hujan dan angin kencang, faktor lain seperti batang pohon yang sudah lapuk juga bisa jadi penyebabnya.

Kasus terbaru pohon tumbang menimpa pengendara motor terjadi di Jalan Metro, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Sabtu (18/12/2021) sore. Akibatnya, pengendara motor tersebut meninggal dunia.

Dalam unggahan akun Instagram @tmcpoldametro, di hari yang sama, tertulis keterangan, "Sebuah Pohon tumbang menimpa pengendara sepeda motor di Jl Metro Pondok Indah Jakarta Selatan, korban tutup usia dan masih penanganan Polri. Situasi arus lalu lintas terpantau padat."

Terkait peristiwa tersebut, Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), memberikan sejumlah saran guna menghindari potensi bahaya dari fenomena alam seperti pohon tumbang.

“Apalagi bila berurusan dengan objek yang terjatuh dan tak terduga, bisa saja bukan hanya pohon, tetapi tiang listrik ataupun billboard yang terpasang di pinggir jalan,” ucapnya.

Jusri turut mengingatkan, waspada akan bahaya semacam itu bukan hanya dilakukan saat musim penghujan saja, tapi setiap hari. Sebab risiko objek jatuh menimpa tidak hanya disebabkan faktor cuaca saja.

Jika sudah terlanjur melakukan perjalanan lalu menghadapi cuaca hujan berangin, disarankan untuk berteduh dan tidak memaksakan berkendara. Pemilihan tempat berteduh pun harus diperhatikan.

Pilih lokasi berteduh yang memiliki konstruksi bangunan yang kokoh. Contohnya seperti ruko atau minimarket. Hindari pohon, lampu penerangan jalan, atau bangunan yang terlihat konstruksinya kurang kokoh guna menghindari risiko tertimpa.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/19/084100715/terjadi-insiden-maut-pemotor-tertimpa-pohon-tumbang-di-pondok-indah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke