Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesian Drag Big Bike Championship 2021 Sukses Digelar

Kompas.com - 23/11/2021, 19:00 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perhelatan balap, Indonesian Drag Big Bike Championship 2021 sukses digelar di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat pada Sabtu (20/11/2021).

Ratusan starter telah mendaftar dan lebih dari 70 starter ikut berkompetisi dalam ajang yang diadakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI), Motor Besar Indonesia (MBI) dan Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (Gerak BS) ini.

Ajang balap motor besar ini diresmikan langsung oleh Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo dan dihadiri oleh beberapa jajaran pengurus IMI lainnya.

Baca juga: Toyota Veloz dan Avanza Calon MPV Sejuta Umat, SPK Mulai Menumpuk

"Tidak ada penonton umum yang hadir di sirkuit saat balapan berlangsung. Pelaksanaan balap disiarkan melalui live streaming IMI dan Atta Halilintar serta YouTube secara gratis sehingga bisa dinikmati para pecinta olahraga otomotif di manapun berada," kata Bambang Soesatyo dalam keterangan resmi, Selasa (23/11/2021).

Gerak BS bersama IMI Bidang Sosial dan Lingkungan Hidup dan Rescue IMI DKI pun mengadakan kegiatan bakti sosial dengan membagikan bantuan kepada masyarakat pekerja otomotif sekitar Sentul International Circuit.

Event Indonesian Drag Big Bike Championship 2021 di Sirkuit Sentul, Sabtu (20/11/2021).IMI Event Indonesian Drag Big Bike Championship 2021 di Sirkuit Sentul, Sabtu (20/11/2021).

Hal ini sebagai tanda perhatian terhadap dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19 bagi para pelaku bisnis yang terkait dengan acara olah raga dan otomotif, di antaranya terhadap masyarakat di sekitar sirkuit internasional milik Indonesia ini.

Dalam acara tersebut juga diselenggarakan pemilihan Miss IMI 2021 dimana 34 peserta dari beberapa Provinsi yang menjadi kontestannya.

Baca juga: All New Xenia Mendominasi Pemesanan Daihatsu Selama Pameran

Setelah melalui proses penjurian, akhirnya terpilih Rosanna Muhammad James dari Sulawesi Utara sebagai Miss IMI 2021. Sedangkan 1st Runner Up adalah Beliana dari Banten, dan 2nd Runner Up dimenangkan oleh Sarah dari NTB.

Ajang balap drag big bike juga diikuti oleh para biker senior dan para biker yang sempat mengikuti balap drag big bike beberapa tahun lalu sebagai peserta balap. Selain itu ada juga biker muda yang turut bergabung serta satu peserta wanita yang mengendarai Harley-Davidson tipe Road Glide.

Berbagai merek motor tampak dalam pertandingan balap trek lurus ini seperti Harley-Davidson, Honda Gold Wing, Kawasaki, Buell hingga Victory motorcycles yang ditunggangi rider Kanwal Singh.

Indonesian Drag Big Bike Championship 2021 di Sirkuit Sentul, Sabtu (20/11/2021)IMI Indonesian Drag Big Bike Championship 2021 di Sirkuit Sentul, Sabtu (20/11/2021)
Indonesian Drag Big Bike Championship 2021Indonesian Drag Big Bike Championship 2021 Indonesian Drag Big Bike Championship 2021

Indonesian Drag Big Bike Championship 2021 digelar dalam lima kelas yaitu Bracket 12 Detik, Bracket 14 Detik, Bracket 16 Detik, FFA V Twin 350 CC Up dan FFA Non V Twin 350 CC Up.

Di kelas Bracket 12 Detik, tampil sebagai pemenang adalah Hari Triadji (Blind Eagle MC Racing Team), disusul pada posisi kedua Rivo Rozari (Anak Elang Racing x HTJRT), dan posisi ketiga Ahmad Suhardi (Banten), serta Dery Darmawan (Jawa Barat) dan Giovanny Andika Putra dari Lampung, masing-masing di posisi keempat dan kelima.

Baca juga: Driver Safety Car WSBK Sebut Sirkuit Mandalika Aman dan Kencang

Sedangkan di kelas Bracket 14 Detik dimenangkan oleh Devirolls (Solidarity Community Racing Team), Dian Susilo (Anak Elang Racing), Ricky Suryotomo (Patiunus) dan Anugerah Fajar (Banten, Solidarity Community Racing Team) di posisi keempat. Kelas Bracket 16 Detik dimenangkan oleh Sigid Murdarajat dari Motor Besar Indonesia.

Untuk Kelas FFA Non V-Twin 350 CC Up dimenangkan oleh Chandra Rahmawan Mahadi (Tiara Sutan Racing) dan Mahwy (Cilacap). Sedangkan untuk FFA V-Twin 350 CC Up dimenangkan oleh J. Wawan Tembong (Anak Elang Racing x HTJRT), Ricky Suryotomo (Patiunus Jakarta), Hari Triadji (Blind Eagle MC Racing Team), Tri Purnama Irawan (Banten) dan pebalap wanita, Ismonita Permata Sari (ASG).

Event Indonesian Drag Big Bike Championship 2021 di Sirkuit Sentul, Sabtu (20/11/2021).IMI Event Indonesian Drag Big Bike Championship 2021 di Sirkuit Sentul, Sabtu (20/11/2021).

Sedangkan untuk hadiah utama Harley-Davidson kali ini tak berhasil dimenangkan oleh para pebalap yang harus memecahkan rekor 8 detik dengan menggunakan motor Harley-Davidson.

Baca juga: Catat, Ini 40 Jalan Tol yang Bakal Terapkan Pembayaran Nirsentuh Tanpa Berhenti

"Tentu saja agar juga membantu menghindarkan adanya ajang balap liar, melainkan dapat menjadi wadah para tenaga kreatif dan pekerja otomotif serta peminat balap trek lurus,” kata Kombes Pol Putu Putera Sadana,  selaku Ketua Panitia Indonesian Drag Big Bike Championship 2021,

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com