Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masuki Etape 2, Komunitas M8 Nusantara Jelajah Sulawesi

Kompas.com - 23/11/2021, 12:08 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Komunitas M8 Nusantara yang melakukan perjalanan keliling Indonesia menggunakan sepeda motor sejak 14 Agustus 2021, kini sudah memasuki Etape 2.

Komunitas motor tersebut langsung disambut meriah oleh penduduk Polewali Mandar (Polman) dan Boroko Provinsi Sulawesi Barat. "Kita Indonesia, Kita Luar Biasa" menjadi salam yang dikumandangkan siswa dan siswi di SMPN 3 dan SMPN 1, saat bikers M8 Nusantara menyambangi dua sekolah tersebut.

Kota Polman menjadi salah satu tempat yang disinggahi di Etape 2 perjalanan "Identitas Indonesia" setelah menempuh lebih dari 1500 km di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Para riders-nya terdiri dari sepasang suami istri Vincent Soetedja yang menggunakan Triumph Tiger 900 Rally dan Efi Juwita mengendarai Ducati Scrambler Icon 800, serta ditemani dua orang temannya, Hefli Harun dan Patricia Jesslin yang sama-sama menunggangi Yamaha MT-25.

Baca juga: Jadi Safety Car di WSBK, Hyundai i30 Fastback Mau DIjual?

M8 NusantaraM8 Nusantara M8 Nusantara

Bukan hanya menggali budaya dan adat, khusus untuk kota Polman, SMPN 3 dan SMPN 1 menjadi ajang berbagi pengalaman tentang keindahan dan keragaman berbagai daerah di Indonesia yang telah dijelajahi oleh M8 Nusantara.

"Pengaruh budaya dari Sulawesi sangat kuat khususnya di Lombok hingga Sumba, dan ini menunjukkan besarnya pengaruh kerajaan-kerajaan di Sulawesi di masa lampau,” kata Efi Juwita.

Hefli Harun menambahkan, anak anak perlu dikenalkan dengan kebesaran bangsa Indonesia agar mereka bisa menyikapi modernisasi budaya tanpa meninggalkan adat.

“Kami disambut dengan baik dan berkesempatan memberikan materi wawasan kebangsaan dan wawasan nasional kepada para murid,” tukas Hefli.

Sementara itu agar menarik dan mudah dicerna, Jesslin mengungkapkan materi yang disampaikan dibuat sesederhana mungkin.

M8 NusantaraM8 Nusantara M8 Nusantara

"Kami berbagi tentang keberagaman Indonesia dengan anak-anak, dalam format game yang interaktif. Sangat seru dan mudah diingat untuk memperkaya wawasan kebangsaan mereka,” kata Jesslin.

Mengenai perjalanannya sendiri, tim M8 Nusantara mengaku tidak mengalami kendala berarti pada kendaraan roda duanya. Hanya saja, Vincent menyebutkan beberapa kondisi jalanan yang dilalui harus diwaspadai.

"Mengingat kita menggunakan sepeda motor di perjalanan ini dan sudah memasuki musim hujan, kita harus perhatikan kondisi fisik dan motor wajib prima. Beberapa titik longsor juga harus dapat dikelola dengan baik dengan berhati-hati, tidak gegabah dan selalu waspada,” katanya.

Sebagai informasi, komunitas roda dua M8 Nusantara telah memulai perjalanan keliling Indonesia menggunakan sepeda motornya sejak 14 Agustus 2021.

Bertema “Identitas Indonesia”, misi M8 Nusantara adalah memperlihatkan keindahan Indonesia, juga merekam budaya, adat istiadat, keberagaman suku-suku yang ada di Indonesia, bahasa, filosofi hidup dan kesenian.

M8 NusantaraM8 Nusantara M8 Nusantara

Komunitas juga berusaha untuk mengunjungi kerajinan usaha kecil menengah di daerah yang disinggahi dari Sabang sampai Merauke.

Baca juga: 11 Hari Pameran, Mitsubishi Kantongi SPK di Luar Ekspektasi

M8 Nusantara membagi perjalannya menjadi 5 etape. Etape 1 telah sukses dilakukan pada bulan Agustus hingga Oktober 2021. Rutenya melintasi Jawa - Bali - Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. 

Selesai Etape 1, tim M8 Nusantara pada 26 Oktober 2021, telah memulai petualangan baru “Identitas Indonesia” di Etape 2 menyusuri Pulau Sulawesi. Daerah yang akan dikunjungi mulai dari Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Utara.

Untuk Etape 3 “Identitas Indonesia” nanti akan bergeser ke Kepulauan Maluku dan Papua, Etape 4 akan berada di Pulau Kalimantan, dan sebagai penutup atau Etape 5 akan berakhir di Pulau Sumatera.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com