Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Indonesia Kini Hanya Jual CX-8 Varian Elite

Kompas.com - 09/10/2021, 08:22 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan mobil Mazda di Indonesia bergantung pada pasokan mobil yang diimpor secara utuh alias completely build-up (CBU) melalui APM PT Eurokars Motor Indonesia (EMI).

Untuk segmen mobil sport utility vehicle (SUV) salah satu andalan Mazda adalah model CX-8. Sayangnya, konsumen memiliki preferensi kepada CX-9 yang sudah bermesin turbo.

Fakta ini diakui oleh Sales Manager PT EMI Deddy Kurniawan Saputro bahwa secara volume penjualan, CX-9 menang jumlah ketimbang CX-8.

"Kalau CX-8 secara nasional tahun ini kita jual sekitar 15-20 unitan lah per bulan, CX-9 bisa 40-50 unit per bulan," ujar Deddy di Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Baca juga: Ban Motor Tanpa Tutup Pentil Tidak Bisa Ditilang, Ini Penjelasannya

Mazda CX-8 sendiri sudah resmi mengaspal di Indonesia sejak 22 November 2019. Awalnya, CX-8 dipasarkan di Indonesia dengan 2 pilihan varian, yakni Elite dan Touring.

Perbedaan paling kentara antara kedua varian tersebut nampak pada bagian interior jok baris keduanya. Varian Touring menggunakan jok biasa sehingga dapat menampung 7 penumpang. Sementara varian Elite memiliki jok berdesain captain seat sehingga hanya bisa memuat 6 penumpang.

Mazda CX-8 resmi meluncur di Indonesia Mazda CX-8 resmi meluncur di Indonesia

Secara performa penjualan, PT EMI menilai varian Elite memiliki peminat lebih banyak dibandingkan Touring. Oleh sebab itu, kini di jaringan diler Mazda Indonesia hanya akan ditemukan CX-8 varian Elite.

Hal tersebut sudah diawali dari situs resmi Mazda Indonesia, bahwa varian Touring dari CX-8 sudah tidak dijual lagi.

Baca juga: Diskon Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport per Oktober 2021

Secara desain, bodi Mazda CX-8 serupa dengan Mazda CX-5 hanya dipanjangkan saja. Lain dengan Mazda CX-9 yang memiliki desain bodi berbeda. Oleh sebab itu, demand CX-9 lebih baik dari CX-8.

Deddy menjelaskan, jika melihat kondisi pasar, konsumen yang ingin membeli CX-9 namun memiliki keterbatasan dana, akhirnya memilih CX-8. Sementara konsumen yang ingin CX-5 namun butuh bodi yang lebih besar, akhirnya tertarik meminang CX-8.

Mengenai harga, melansir dari situs resmi Mazda Indonesia, saat ini untuk on the road (OTR) Jakarta, Mazda CX-8 dibanderol Rp 759,9 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com