Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mazda Indonesia Kini Hanya Jual CX-8 Varian Elite

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan mobil Mazda di Indonesia bergantung pada pasokan mobil yang diimpor secara utuh alias completely build-up (CBU) melalui APM PT Eurokars Motor Indonesia (EMI).

Untuk segmen mobil sport utility vehicle (SUV) salah satu andalan Mazda adalah model CX-8. Sayangnya, konsumen memiliki preferensi kepada CX-9 yang sudah bermesin turbo.

Fakta ini diakui oleh Sales Manager PT EMI Deddy Kurniawan Saputro bahwa secara volume penjualan, CX-9 menang jumlah ketimbang CX-8.

"Kalau CX-8 secara nasional tahun ini kita jual sekitar 15-20 unitan lah per bulan, CX-9 bisa 40-50 unit per bulan," ujar Deddy di Jakarta, Selasa (5/10/2021).

Mazda CX-8 sendiri sudah resmi mengaspal di Indonesia sejak 22 November 2019. Awalnya, CX-8 dipasarkan di Indonesia dengan 2 pilihan varian, yakni Elite dan Touring.

Perbedaan paling kentara antara kedua varian tersebut nampak pada bagian interior jok baris keduanya. Varian Touring menggunakan jok biasa sehingga dapat menampung 7 penumpang. Sementara varian Elite memiliki jok berdesain captain seat sehingga hanya bisa memuat 6 penumpang.

Secara performa penjualan, PT EMI menilai varian Elite memiliki peminat lebih banyak dibandingkan Touring. Oleh sebab itu, kini di jaringan diler Mazda Indonesia hanya akan ditemukan CX-8 varian Elite.

Hal tersebut sudah diawali dari situs resmi Mazda Indonesia, bahwa varian Touring dari CX-8 sudah tidak dijual lagi.

Secara desain, bodi Mazda CX-8 serupa dengan Mazda CX-5 hanya dipanjangkan saja. Lain dengan Mazda CX-9 yang memiliki desain bodi berbeda. Oleh sebab itu, demand CX-9 lebih baik dari CX-8.

Deddy menjelaskan, jika melihat kondisi pasar, konsumen yang ingin membeli CX-9 namun memiliki keterbatasan dana, akhirnya memilih CX-8. Sementara konsumen yang ingin CX-5 namun butuh bodi yang lebih besar, akhirnya tertarik meminang CX-8.

Mengenai harga, melansir dari situs resmi Mazda Indonesia, saat ini untuk on the road (OTR) Jakarta, Mazda CX-8 dibanderol Rp 759,9 juta.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/09/082200415/mazda-indonesia-kini-hanya-jual-cx-8-varian-elite

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke