Mengenal Hot Seat, Bangku yang Paling Diincar Penumpang Bus

Kompas.com - 18/07/2021, 17:41 WIB
posisi duduk paling depan kaskusposisi duduk paling depan

JAKARTA, KOMPAS.com - Bus merupakan moda transportasi darat yang mampu menampung hingga puluhan penumpang. Ukurannya yang besar membuat penumpang memiliki banyak pilihan dalam menentukan lokasi tempat duduk.

Secara garis besar, posisi duduk penumpang dalam kabin bus dibagi menjadi tiga bagian, yakni di depan, tengah, dan belakang.

Namun, ada posisi bangku yang kerap diincar oleh para penumpang bus. Bangku ini sering disebut dengan istilah hot seat. Bangku apakah itu?

Baca juga: Ini Syarat Perjalanan ke Luar Kota Saat Libur Idul Adha

Saat dihubungi Redaksi Kompas.com beberapa waktu lalu, Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan bahwa bangku hot seat adalah bangku penumpang yang posisinya berada paling depan baik di sisi kiri mapun kanan.

Bangku hot seat terletak di belakang pengemudi.

Hot seat biasanya sebutan untuk kursi paling depan, baik sisi kanan ataupun kiri. Alasan dinamai hot seat yaitu penumpang bisa melihat serunya aksi bus ketika melewati jalur Pantura,” kata Dimas menjelaskan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kabin bus AKAP PO Samarinda LestariDOK. LAKSANABUS Kabin bus AKAP PO Samarinda Lestari

Selain memiliki sudut pandang yang luas ke depan, bangku hot seat juga memberikan keuntungan tersendiri dibanding bangku penumpang di posisi lain, yakni ruang untuk kaki yang lebih luas.

Baca juga: Honda CB190TR Meluncur, Tampang Neo Retro

Sebab sudah tidak ada lagi bangku penumpang di depan hot seat. Berbeda dengan kursi penumpang lain yang akan terasa lebih sempit jika kursi di depannya direbahkan.

Meski begitu, terdapat sekat yang terpasang di depan bangku hot seat. Menurut Dimas, beberapa penumpang akan merasa ruang untuk kaki sedikit terhalang disebabkan adanya sekat tersebut.

Dengan tren bodi bus yang sekarang lebih banyak menggunakan model kaca double glass, pandangan ke depan jadi sedikit terhalang oleh bando atau pilar horizontal pemisah kaca atas dan bawah.

Sensasi duduk di hot seat memang akan terasa maksimal jika naik bus dengan model kaca tunggal atau single glass.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X