Honda CRF150L Jadi Incaran Maling, Ingat Lagi Soal Kunci Tambahan

Kompas.com - 18/07/2021, 16:21 WIB
Maling Honda CRF150L Foto: Tangkapan layarMaling Honda CRF150L
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Secara garis besar maling biasanya mengincar sepeda motor yang mudah dijual yaitu motor yang laris di pasar. Dalam hal ini ialah motor matik alias skutik.

Anggapan itu tidak salah tapi tidak sepenuhnya benar. Sesuai jargon "Bang Napi" kejahatan tercipta karena ada niat dan kesempatan. Karena itu semua jenis motor bisa saja jadi incaran maling.

Seperti dalam video yang diunggah akun Instagram Jabodetabek Terkini. Terlihat maling membawa kabur Honda CRFL yang terparkir di depan mini market.

Baca juga: Kecelakaan Fatal, Mantan Bos Jeep Indonesia Tuntut Prinsipal Fiat Chrysler

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jabodetabek Terkini (@jabodetabek.terkini)

 

"Terekam cctv pencurian sepeda motor Honda CRF plat B 3225 EPN Di Alfa Meruyung Limo Depok, kondisi toko lagi sibuk kedatangan barang, kejadianya sekitar pukul 08.00 WIB, Minggu, 18/07/21," tulis akun tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melihat usaha dan kreativitas maling untuk menggasak motor, maka sebagai pemilik juga mesti lebih ekstra lagi menjaga motornya.

Apalagi kata Mukti, Technical Service Function (TSF) Main Dealer Wahana Makmur Sejati (WMS), mengatakan, secanggih apapun sistem pengamanan motor tetap punya peluang kemalingan.

Honda CRF150L varian warna pelek baru hitam.                           ISTIMEWA Honda CRF150L varian warna pelek baru hitam.

Saat ini seluruh produk motor Honda sudah dilengkapi keamanan tambahan menggunakan tutup magnet lubang kunci. Tapi masih saja banyak kasus motor yang kemalingan.

“Semua tingkat keamanan motor pastinya punya peluang ditembus. Tetap disarankan menggunakan kunci ganda di area lain misal kunci disc, alarm dan sebagainya,” katanya belum lama ini.

Baca juga: Toyota Ingatkan Lagi Penggantian Inflator Airbag, Ini Daftarnya

Mukti mengatakan, tambahkan kunci pengaman yang bisa dibeli, berupa kunci disc, kunci tuas rem, bahkan gembok yang dapat diaplikasikan di gir untuk motor yang pakai rantai.

Selain itu ada baiknya kata Mukti, untuk memperlambat upaya pencurian dengan membalik setang motor yang biasanya ke kiri menjadi ke kanan.

Kunci motor Foto: Wahana Honda Kunci motor

“Ketika parkir membalikan setang motor ke arah kanan bisa menambah waktu pencurian namun tetap dapat diakali oleh pencuri,” katanya.

Saat ini beberapa model premium Honda sudah menggunakan sistem keyless alias tanpa anak kunci sehingga motor tidak memiliki lubang kunci stater.

“Jalan terbaik demi mengamankan sepeda motor, perlu ketelitian dan rasa waspada pemilik kendaraan,” kata Mukti.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X