Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perum PPD Siap Operasikan Bus Listrik

Kompas.com - 27/05/2021, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan Umum Pengangkutan Penumpang Djakarta (Perum PPD) melakukan akselerasi menuju era baru penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KLBB) pada semua lini usahanya.

Diketahui, Perum PPD memiliki layanan bus bandara, Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion), pariwisata, hingga bus karyawan.

Keseriusan PPD ini dibuktikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan enam Agen Pemegang Merek (APM) serta layanan uji coba kendaraan listrik yang dimulai sejak tahun 2019.

Keenam APM penyedia bus listrik yang bekerja sama dengan PPD diantaranya Mobil Anak Bangsa, Edison Motors, Skywell, BYD, Zhongtong, dan Higer.

Kerjasama dengan para APM dilakukan bertahap sejak tahun 2019 diiringi dengan dilakukannya berbagai uji coba kendaraan.

Baca juga: Begini Cara yang Benar Cuci Mobil Sendiri di Rumah

Bus listrik ZhongtongKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus listrik Zhongtong

Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa mengatakan, Perum PPD telah bersiap memasuki era baru bus listrik lebih awal dibandingkan operator lainnya.

Perum PPD melakukan peremajaan pengoperasian bus konvensional Bahan Bakar Minyak menuju bus listrik yang berbasis baterai.

“Perum PPD mendukung penuh Program KBLBB sesuai dengan amanat yang tertuang pada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan yang ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 8 Agustus 2019,” ucap Pande dalam siaran resmi.

KBLBB dinilai dapat memainkan peran penting di masa depan. Misalnya, seperti emisi rendah atau bahkan nol sehingga dapat mengurangi polusi, mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor BBM, dan menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi kendaraan listrik dan baterai.

Baca juga: Perbandingan Yamaha X-Ride 125 dan Suzuki Nex Crossover

Bus Listrik MAB di IIMS Hybrid 2021Foto: Denny Firmansyah Bus Listrik MAB di IIMS Hybrid 2021

“Serta pengadaan bus listrik ini juga membuktikan konsistensi Perum PPD dalam rangka pengurangan polusi udara yang disebabkan oleh penggunaan transportasi pribadi,” kata Pande.

Pande berharap ekosistem dari kendaraan listrik di Indonesia bisa semakin cepat berkembang dibandingkan dengan sebelumnya.

Perum PPD pada akhir 2020 telah melakukan uji coba bus listrik di Bali.

Dengan menggandeng Perusda Bali, uji coba bus listrik ini menarik perhatian wisata lokal dan mancanegara untuk ikut dalam wisata berkeliling Pulau Bali.

Harapannya, bus listrik ini juga akan meningkatkan kembali perekonomian dan pemulihan wisata di Bali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com