Bagian Mesin Mobil Tidak Perlu Disiram Air Saat Cuci Mobil

Kompas.com - 25/05/2021, 19:01 WIB
Muncul sistem cuci mobil yang disebut cuci mobil tanpa sentuh alias touchless. KOMPAS.com/GilangMuncul sistem cuci mobil yang disebut cuci mobil tanpa sentuh alias touchless.

JAKARTA, KOMPAS.comMencuci mobil kadang juga turut menyiram bagian ruang mesinnya. Menyiram ruang mesin dengan harapan bisa membersihkannya dari debu-debu yang ada.

Namun mencuci bagian mesin sebenarnya tidak disarankan. Hal ini dikarenakan banyaknya komponen kelistrikan di ruang mesin sehingga berpotensi rusak jika disiram dengan air.

Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi mengatakan, alternator yang berfungsi menyuplai arus yang mengisi aki mobil jangan sampai tersiram atau dicuci dengan air.

Baca juga: Penyekatan Arus Balik Diperpanjang sampai 31 Mei 2021

Alternator mobilcarvaganza.com Alternator mobil

“Di dalam alternator ada lilitan motor. Jika sealnya sudah getas, sebaiknya jangan dicuci apalagi pakai yang semprotan air bertekanan,” ucap Supriyadi kepada Kompas.com, belum lama ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika sudah rusak, kemampuan alternator untuk mengisi aki jadi berkurang. Efeknya, aki mudah tekor karena tetap tidak terisi walaupun mesin mobil menyala. Kemudian bisa juga alternator mengeluarkan bunyi tidak normal.

Selain itu, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak Suparna mengatakan, air yang masuk ke ruang mesin bisa menyebabkan korsleting jika ada kabel yang terkelupas.

Baca juga: Begini Tahapan Mengganti Ban Mobil yang Benar

“Mobil kan sering di tempat parkir mungkin selama tidak digunakan itu digunakan untuk sarang tikus dan sebaiknya, kalau ada kabel yang rusak disemprot justru bisa menyebabkan korsleting,” ucap Suparna kepada Kompas.com.

Suparna menyarankan, jika memang ingin membersihkan ruang mesin, lebih baik mobil dibawa ke salon khusus. Jangan sembarangan menyiramkan air ke dalam ruang mesin karena bisa merugikan pemiliknya jika mengalami kerusakan bagian kelistrikan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X