Perlukah Rekondisi Mesin Setelah Beli Mobil Bekas?

Kompas.com - 26/05/2021, 07:12 WIB
Ilustrasi mobil bekas di Suzuki Auto Value. DOK. SUZUKIIlustrasi mobil bekas di Suzuki Auto Value.

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas berbeda perlakuannya dengan mobil baru.

Saat melirik mobil bekas, calon pembeli sebaiknya melakukan pemeriksaan secara mendalam untuk mendapatkan unit yang bagus.

Kondisi mobil bekas di pasaran terbilang bervariasi. Ada yang masih bagus, namun banyak juga yang kondisinya kurang jelek, atau istilahnya 'mobil capek'.

Untuk memastikan kondisi mesin mobil dalam keadaan baik, konsumen harus melakukan overhaul.

Overhaul dilakukan jika terjadi masalah pada mesin, seperti keluar asap hitam, hingga muncul suara aneh dari mesin.

Baca juga: Kenali Penyebab Retak pada Ban Mobil

Pemilik Bengkel AP Speed di Bekasi Imam Choiri alias Apre mengatakan, overhaul dilakukan dengan cara membongkar mesin dan memeriksa seluruh komponen, setelah mendapat data baru menentukan langkah perbaikan selanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara ini dinilai bisa mengembalikan perfoma mobil lawas yang mulai loyo. Maka dari itu, tidak heran jika overhaul membutuhkan banyak waktu dan biaya.

“Konsumen mobil bekas perlu mempertimbangkan overhaul, terutama jika mobil akan sering digunakan. Biasanya masalah ada pada ring piston atau silinder pada blok mesin, bisa juga batang piston, poros engkol, sistem pengabutan dan sebagainya,” ujar Apre saat dihubungi Kompas.com pekan lalu.

Ilustrasi overhaul mesin mobilwww.easternrangesmotors.com.au Ilustrasi overhaul mesin mobil

Apre melanjutkan, overhaul biasanya dilakukan kepada mobil yang usianya sudah lebih dari lima tahun. Namun, banyak juga kendaraan yang sudah lima tahun, tapi belum melakukan overhaul.

“Kalau perawatannya selalu rutin dan rajin servis, kondisi mesin akan lebih baik. Biasanya mobil belum butuh overhaul,” katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X