Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Pasukan Toyota Gazoo Racing

Kompas.com - 26/07/2019, 14:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM), resmi merilis mobil sport legendaris, Supra di GIIAS 2019. Tidak tanggung-tanggung, Supra yang diluncurkan adalah Gazoo Racing (GR), model global pertama produksi hasil rumah balap resmi Toyota.

Lalu apa sebenarnya Gazoo Racing itu sendiri ?

Sesuai dengan namanya, Gazoo Racing adalah suatu divisi khusus Toyota yang menaungi seputar performa atau dunia motorsport. Sama seperti halnya M Performance milik BMW atau AMG dari Mercedez-Benz.

Menariknya, Toyota tak hanya menampilkan Gazoo Racing pada satu model saja tapi ada juga deretan model lainnya. Bila melirik dari model global, produsen raksasa asal Jepang ini sudah rutin membenamkan lebel GR pada jajaran produk lain, seperti Yaris, Toyota 86, Voxy, bahkan sampai deretan mobil ramah lingkungannya, yaitu Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), yang juga ikut tampil di lantai GIIAS.

Baca juga: Toyota 86 dan GR Supra Punya Penikmat yang Beda

"Kehadiran line-up Gazoo Racing di GIIAS sendiri sebenarnya lebih untuk melihatkan ke masyarakat bila produk-produk kami tidak hanya nyaman dikendarai, tapi bisa tampil lebih sporty dan memiliki performa. Apalagi bila merujuk pada konsumen yang memiliki jiwa muda atau kalangan milenial," ucap Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/7/2019).

Toyota Prius PHEV Gazoo Racing di GIIAS 2019 Toyota Prius PHEV Gazoo Racing di GIIAS 2019

Secara tampilan, pasukan Gazoo Racing bukan hanya memiliki ciri dari emblem saja, tapi juga dari perangkat aero kita yang dilekatkan pada sektor eksterior guna mengentalkan aura agresif. Selain itu tentu juga ada perbedaan lain dengan model standar, seperti setting suspensi.

Prius PHEV Gazoo Racing

Dari deretan line-up Gazoo Racing yang hadir, paling menarik diperhatikan adalah Prius GR PHEV berkelir putih. Meski terlihat simpel, tapi di balik kesederhanaannya justru menyimpang DNA sport yang tak bisa dianggap remeh.

Penampilan depan yang matang dengan kesan aerodinamis dipadukan dengan akse gril gelap dari warna piano black. Sementara nampak samping, meski terlihat sama dengan model biasa, tapi bila diperhatikan ground clearance-nya sudah amblas 13 mm dibandingkan model biasa berkat penyamatan suspensi khusus ditambah ban dengan profil yang lebih tipis dan pelek 18 inci.

Toyota Prius PHEV Gazoo Racing di GIIAS 2019 Toyota Prius PHEV Gazoo Racing di GIIAS 2019

Sementara nampak belakan, dibuat lebih agresif melalui mika berwarna putih menggantikan warna merah yang digunakan pada model Prius PHEV standar. Sedangkan sebagai penujung jati dirinya, disematkan emblem GR Sport pada bagian belakang, bumper depan, dan sisi samping. Begitu juga pada bagian interiornya yang dibalut warna gelap bermaterialkan kulit sintetis.

Secara performa juga tidak bisa dianggap remeh, terlebih mobil ini juga mengusung teknologi PHEV dan telah mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA).

Toyota Prius PHEV Gazoo Racing di GIIAS 2019 Toyota Prius PHEV Gazoo Racing di GIIAS 2019

Bila mengintip dari spesifikasinya, Prius PHEV Gazoo Racing yang sempat membuat Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani kepincut ini memiliki total tenaga sebesar 166 tk dan toris 142 Nm pada 3.600 rpm.

Baca juga: Reaksi Kaesang Pangarep Saat Bertemu Toyota Supra

Tenaga tersebut merupakan kolaborasi dari mesin 1.800 cc serta daya dari motor listrik yang ditransfer melalui sistem transmisi Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (ECVT).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com