Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek PPnBM, Suzuki Kejar Produksi Tambah Jam Kerja Pabrik

Kompas.com - 24/04/2021, 07:42 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mencatat pertumbuhan positif sepanjang Maret 2021. Hal tersebut tak lepas dari relaksasi berupa diskon PPnBM dari pemerintah.

Suzuki mengklaim wholesales di Maret mencapai 8.669 unit, naik 88 persen dibanding bulan sebelumnya. Sementara untuk retail, sebesar 8.179 unit, tumbuh 59 persen.

Angka penjualan tersebut didominasi oleh Carry pikap serta dua mobil penumpangnya yang menikmati insentif PPnBM, yakni XL7 dan Ertiga.

Baca juga: Imbas PPnBM, Penjualan Honda Naik Drastis

Donny Saputra, Direktur Pemasaran Roda Empat PT SIS mengatakan, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), industri otomotif makin pulih di awal 2021.

Suzuki Carry Wide Deck Facelift APAR 2021SUZUKI INDOMOBIL SALES Suzuki Carry Wide Deck Facelift APAR 2021

"Total wholesales pada Maret meningkat 72,6 persen dibanding Februari 2021. Peningkatan juga terjadi pada penjualan ritel Ertiga hingga 277 persen dan XL7 224 persen jika dibandingkan Februari lalu. Hal ini tentu karena didorong relaksasi PPnBM," ucap Donny dalam keterangan resminya, Jumat (23/4/2021).

Berdasarkan data Gaikindo, total wholesales industri otomotif nasional sebanyak 84.910 unit pada Maret lalu, atau naik 72,6 persen dibanding bulan sebelumnya yang hanya 49.202 unit.

Donny menjelaskan, sepanjang Maret Carry pikap masih memimpin wholesales dengan jumlah 4.459 unit, atau tumbuh 39 persen. Pencapaian tersebut membuat pikap yang baru bersolek di awal tahun itu mengusai 50,2 persen pasar kendaraan niaga low pick up.

Untuk retail sales, Carry pikap terjual 3.798 unit atau tumbuh 15,3 persen, serta berhasil menguasai 50,6 persen pangsa pasar segmen yang sama.

Suzuki XL7 Alpha ATKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Suzuki XL7 Alpha AT

Sementara untuk kendaraan penumpang, penjualan retail Ertiga mencapai 1.299 unit atau tumbuh 277 persen dibandingkan Februari. Sedangkan XL7 sebanyak 2.053 unit, meningkat 224 persen.

Baca juga: Kabar Terbaru soal Suzuki Jimny 5 Pintu yang Siap Meluncur

Menurut Donny, akibat tingginya permintaan, Suzuki kini sudah mulai menambah jam kerja di pabrik Cikarang dan memberlakukan holiday working guna meningkatkan jumlah produksi.

"Kami menyambut positif kebijakan relaksasi PPnBM yang memberikan stimulus bagi industri otomotif Indonesia, khususnya Suzuki. Kebijakan tersebut menjadi katalis bagi peningkatan produk Suzuki lain yang belum mendapatkan relaksasi PPnBM," ucap Donny.

Fasilitas produksi baru Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, menyerap investasi 1 miliar dollar AS.M Lulut Fasilitas produksi baru Suzuki di Cikarang, Jawa Barat, menyerap investasi 1 miliar dollar AS.

"Peningkatan penjualan di bulan Maret 2021 ini juga menjadi motivasi Suzuki untuk terus berupaya menghadirkan produk serta layanan berkualitas untuk konsumen setia Suzuki," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com