Terobos Lampu Merah, Mobil Boks Hajar 3 Mobil dan 2 Sepeda Motor

Kompas.com - 23/04/2021, 19:31 WIB
Tangkapan layar kecelakaan di Pagotan, Madiun pada Jumat (23/4/2021) akibat mobil boks yang menerobos lampu merah. Kanal Youtube TKP 33Tangkapan layar kecelakaan di Pagotan, Madiun pada Jumat (23/4/2021) akibat mobil boks yang menerobos lampu merah.

MADIUN, KOMPAS.com - Terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan 4 mobil dan 2 sepeda motor di perempatan Pasar Pagotan, Madiun pada Jumat (23/4/2021). Kecelakaan terjadi diakibatkan mobil boks melaju menerobos lampu merah.

Dalam unggahan video di kanal Youtube TKP 33, terlihat ada korban yang meninggal dunia disebabkan oleh kecelakaan ini. Belum ada keterangan resmi lebih lanjut mengenai detail kecelakaan tersebut.

Menanggapi fenomena menerobos lampu merah ini, Marcell Kurniawan selaku Training Director The Real Driving Center (RDC) mengatakan, meski lampu sudah hijau, lebih baik tidak langsung melaju demi keamanan.

Baca juga: Bus Baru PO ANS, Single Glass Gaya Eropa


“Paling aman yaitu jangan langsung jalan saat lampu lalu lintas berubah hijau. Karena bisa saja ada orang yang nekat menerobos lampu merah,” ujar Marcell saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Lalu menilik dari kacamata hukum, perilaku menerobos lampu merah jelas melanggar peraturan lalu lintas.

Hal tersebut sudah ditegaskan dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Lebih detail pada Pasal 287 ayat 2, terdapat sanksi bagi pelanggar lampu merah. Pasal tersebut berbunyi,

"Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan yang melanggar aturan perintah atau larangan yang dinyatakan dengan Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (4) huruf c dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah)."

Baca juga: Ini Aturan dan Syarat Baru untuk Penumpang Bus Rosalia Indah

Ilustrasi lampu merah.SHUTTERSTOCK Ilustrasi lampu merah.

Pada dasarnya, menerobos lampu merah sangatlah berbahaya. Ini disebabkan ada pergerakan di jalur lain dengan lampu hijau yang masih menyala.

Para pengguna jalan pada jalur dengan lampu hijau yang masih menyala hanya mengerti bahwa semua kendaraan di lajur dengan lampu merah yang masih menyala sedang tidak bergerak.

Menerobos lampu merah sama saja dengan sengaja membuat terjadinya kecelakaan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X