Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Bus Baru PO NPM, Pakai Tameng Besi Pelindung Kaca Depan

Kompas.com - 19/04/2021, 15:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bulan Ramadhan menjadi momen Perusahaan Otobus (PO) merilis armada barunya. Misalnya seperti PO NPM yang baru saja merilis dua unit bus barunya dari karoseri Laksana di Ungaran.

PO yang memiliki kepanjangan Naikilah Perusahaan Minang ini ternyata bukan memesan bus dari baru, melainkan hanya mengganti bodinya saja atau rebodi. Melakukan rebodi ini memang kerap dilakukan PO bus di Indonesia.

Rebodi secara singkat merupakan penggantian bodi bus lama dengan yang baru, namun masih memakai sasis yang lama.

Jadi bodi bus yang lama diangkat dahulu, kemudian dibawa ke karoseri untuk dibuatkan bodi yang baru.

Baca juga: Live MotoGP Portugal: Valentino Rossi Terjatuh, Rins Juga Crash

Sasis bus PO NPMInstagram/populace_republictransport_ltd Sasis bus PO NPM

PO NPM sendiri mengemudikan tiga sasis utuh dari Sumatera Barat ke Ungaran, Jawa Tengah sekitar akhir Februari 2021. Dua bulan kemudian, dua bus PO NPM dengan bodi yang baru siap digunakan kembali untuk mengangkut penumpang.

Export Manager karoseri Laksana Werry Yulianto mengatakan, ada tujuh bus PO NPM yang masuk ke karoseri Laksana. Rinciannya, tiga melakukan rebodi dan empat lagi hanya melakukan repaint atau cat ulang.

Baca juga: Hasil MotoGP Portugal 2021: Quartararo Juara, tapi Banyak yang Crash

Bus AKAP PO NPMDOK. LAKSANABUS Bus AKAP PO NPM

“Untuk yang rebodi, ada penambahan toilet dan menggunakan tipe Legacy SR2 HD Prime S Series. Selain itu juga ada pemasangan tameng besi untuk jaga-jaga kalau kena tim lempar batu di lintas Sumatra,” kata Werry kepada Kompas.com, Senin (19/4/2021).

Sedangkan empat unit yang melakukan repaint merupakan bus dari divisi pariwisatanya PO NPM atau dikenal dengan Vircansa.

Livery PO Vircansa yang hitam diganti dengan livery PO NPM yang berwarna putih dengan gravis kombinasi warna hijau, kuning, dan merah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com