Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Bahan Motor Custom di Bawah Rp 6 Jutaan

Kompas.com - 30/03/2021, 17:11 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor custom semakin digemari sekarang ini. Ada yang beli jadi, tapi banyak juga yang bangun dari nol.

Untuk yang ingin membangun motor custom dari awal, biasanya kebingungan untuk mencari basisnya. Sebab, pilihannya cukup banyak dan harganya bervariasi.

Baca juga: Inspirasi Wayang pada Yamaha Byson Chopper Bobber

Andi Akbar, builder Katros Garage, membagikan tips untuk memilih bahan motor custom di bawah Rp 6 jutaan.

Menurutnya, dengan budget bahan motor custom yang minim, dana untuk meng-custom motor bisa lebih leluasa.

Berikut ini pilihan bahan motor custom di bawah Rp 6 jutaan:

1. Yamaha Byson

Komunitas Byson Jakarta Exploride (B-Jax) touring akhir tahun.dok.B-Jax Komunitas Byson Jakarta Exploride (B-Jax) touring akhir tahun.

"Tidak banyak yang sadar kalau harga seken Yamaha Byson tahun 2012 sudah drop sampai di bawah Rp 6 jutaan. Bahan motor ini kami rekomendasikan untuk kalian yang mau custom," ujar pria yang akrab disapa Atenx ini, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Atenx menambahkan, dari bawaannya Byson sudah dibekali dengan suspensi depan teleskopik yang berukuran besar, yakni 41 mm.

Selain itu Byson punya desain palangan pelek bawaan standar yang cukup netral untuk yang mau custom jadi bergaya modern atau neo.

"Kalau mau di-convert jadi pelek jari-jari, Byson juga bisa dipasangkan pelek lebar sampai 3,5 inci hingga 4 inci di bagian belakang," kata Atenx.

Baca juga: Yard Built, Referensi Motor Custom Yamaha XSR 155

2. Suzuki Thunder 125

Suzuki Thunder 125www.kompas.com Suzuki Thunder 125

Menurut Atenx, Suzuki Thunder 125 adalah motor paling murah dengan sasis yang sangat bagus. Dibikin model cafe racer bisa, apalagi bratstyle. Di pasaran, Thunder 125 tahun 2012 dibanderol Rp 3,5 jutaan.

"Tanpa ganti sokbreker depan, kalian bisa pasang ban sampai ukuran 4.00-18 atau 4.00-17. Swingarm belakang juga cukup lebar, karena bisa muat ban ukuran 4.50," ujar Atenx.

Atenx mengatakan, harganya yang murah tentu ada kekurangannya. Mesinnya yang hanya 125 cc bikin tarikan motor ini terasa kurang greget. Tapi, jika speed bukan jadi perhatian, tidak ada alasan untuk tidak memilih motor ini jadi bahan motor custom.

Baca juga: Royal Enfield Pandang Positif Tren Motor Custom di Indonesia

3. Yamaha Mio Sporty

Yamaha Mio Yamaha Mio

Tidak hanya motor batangan yang bisa di-custom, tapi matic juga. Untuk yang suka dengan tampilan Honda Zoomer, Yamaha Mio lansiran 2003-2007 ini bisa jadi bahan motor custom. Harganya dibanderol Rp 3 jutaan sampai Rp 5 jutaan.

"Untuk urusan spare part, tidak perlu ditanya, masih banyak sekali Bahkan, untuk part aftermarket-nya, seperti bore up kit juga masih banyak di pasaran. Untuk yang penasaran ingin punya motor custom dari bahan matic, Mio ini salah satu solusinya," kata Atenx.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com