Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Ganti Oli Gardan Skutik di Rumah

Kompas.com - 17/03/2021, 18:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah pandemi ini, sudah banyak orang yang melakukan perawatan sepeda motor ke bengkel. Tapi, tak sedikit juga yang ingin melakukannya sendiri di rumah.

Salah satu perawatan yang mudah untuk dilakukan di rumah adalah mengganti oli gardan. Khusus pengguna skuter matik (skutik), oli gardan memiliki fungsi penting, yakni melumasi sistem transmisi.

Baca juga: Pengguna Skutik, Ini Daftar Harga Oli Gardan di Solo Raya

Kepala Mekanik Astra Motor Center Jakarta Gofur, mengatakan, untuk pergantian oli gardan skutik, cukup siapkan oli gardan yang dibutuhkan dan kunci ring ukuran 12 inci guna membuka baut pembuangan.

Oli gardan matik harus dilakukan penggantian ketika 8.000 km sekali.Ghulam/Otomania Oli gardan matik harus dilakukan penggantian ketika 8.000 km sekali.

“Selain kunci ring 12 atau T 12, siapkan loyang penampung oli bekas, lalu buka baut pembuangan oli gardan. Setelah habis, pasang lagi baut pembuangannya," ujar Gofur, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Gofur menambahkan, masukkan oli gardan yang baru lewat lubang masuk yang letaknya lebih tinggi dari pembuangan. Setelah terisi, langsung ditutup bautnya.

Baca juga: Jangan Sepelekan Dampak Telat Ganti Oli Gardan Skutik

"Pergantian oli gardan tidak perlu disemprot dengan angin bertekanan. Maka itu, pergantian oli gardan bisa dilakukan sendiri di rumah," kata Gofur.

Kick starter pada skutikKompas.com/Donny Kick starter pada skutik

Menurutnya, angin yang disemprotkan menggunakan kompresor mengandung air. Jadi, tidak disarankan untuk digunakan saat membersihkan transmisi.

"Dikhawatirkan nanti olinya terkontaminasi dengan air," ujar Gofur.

Untuk limbah oli bekasnya, Gofur menyarankan untuk dititipkan ke bengkel terdekat. Jangan dibuang sembarangan agar lingkungan tidak tercemar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com