Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Waktu Ideal Mengganti Oli Gardan Skutik

Kompas.com - 10/04/2020, 10:32 WIB
Ari Purnomo,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Agar sepeda motor tetap dalam kondisi prima dan nyaman selama dikendarai, perawatan secara rutin wajib dilakukan.

Perawatan ini tidak hanya memperbaiki jika ada bagian yang rusak atau tidak berfungsi dengan normal, tetapi lebih baik dilakukan dengan acuan jarak yang sudah ditempuhnya.

Selain melakukan penggantian komponen yang sudah usang, pelumas mesin juga wajib dilakukan secara rutin.

Dengan melakukan penggantian oli secara rutin, jelas akan memperpanjang usia komponen mesin.

Baca juga: Deretan Motor Matik Bekas, Ada yang Rp 4,5 Juta

Tetapi, untuk jenis motor dengan transmisi otomatis atau matik oli yang harus diganti secara rutin tidak hanya pelumas bagian mesin saja, tetapi juga oli gardannya.

Mengganti oli mesin skutik bisa dilakukan sendiri di rumahKompas.com/Donny Mengganti oli mesin skutik bisa dilakukan sendiri di rumah

Hanya saja, untuk waktu penggantiannya memang tidak sesering seperti penggantian oli mesin yang berkisar antara 2000 kilometer sampai dengan 2.500 kilometer.

Pemilik bengkel spesialis motor matik Naranata, di Solo, Joko mengatakan, penggantian oli gardan ini yang disarankan adalah setiap 6.000 kilometer sekali.

“Jadi memang tidak sesering mengganti oli, biasanya setiap motor matik ini memiliki rentang waktu penggantian oli gardan yang sama yakni setiap 6.000 kilometer,” kata Joko kepada Kompas.com, Kamis (9/4/2020).

Baca juga: Motor Matik dengan Sistem Karburator Masih Banyak Dicari Konsumen

Jika susah untuk mengingatnya, Joko menambahkan, penggantian pelumas untuk gardan ini bisa dilakukan setiap tiga kali mengganti oli mesin.

Dengan begitu, pemilik sepeda motor bisa lebih mudah untuk mengingat waktu penggantian oli gardan.

Oli gardan matik harus dilakukan penggantian ketika 8.000 km sekali.Ghulam/Otomania Oli gardan matik harus dilakukan penggantian ketika 8.000 km sekali.

“Setiap tiga kali ganti oli mesin sebaiknya juga dilakukan penggantian pelumas di bagian gardannya,” ucapnya.

Oli gardan ini tidak seperti oli mesin yang bisa habis jika motor terlalu sering dipakai dan pelumas tidak juga diganti.

Baca juga: Harga Sepasang Spion Yamaha 125Z Bisa Dapat Motor Matik Bekas

Meski begitu, untuk tetap menjaga komponen bagian gardan tetap prima sebaiknya penggantian oli gardan tetap dilakukan sesuai waktu yang direkomendasikan oleh pabrikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com