Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Hadirkan Empat Kendaraan Baru untuk Skuad Safety Car MotoGP

Kompas.com - 10/03/2021, 14:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BMW M GmbH sudah menyediakan armada safety cay untuk MotoGP selama lebih dari 20 tahun. Tahun ini, untuk pertama kalinya, BMW menyediakan tiga model baru untuks safety car dan satu safety bike.

Safety car di MotoGP sudah dipegang oleh BMW M GmbH sejak 1999 hingga sekarang. Bukan hanya motor balap MotoGP saja yang menarik perhatian, tapi juga safety car yang digunakan.

Baca juga: Apa sih Fungsi Safety Car MotoGP?

BMW M8 Competition Coupe, BMW M8 Competition Gran Coupe, dan BMW X5 M Medical Car, serta BMW M 1000 R sebagai safety bike akan hadir musim ini.

Armada safety car ini pertama kalinya akan bertugas di GP Portugal, seri pertama yang digelar di Eropa.

Safety Car MotoGP Foto: Box Repsol Safety Car MotoGP

Sebagai tambahan dari M3 dan M5 CS yang sudah menjadi safety car, akan hadir juga safety bike M 1000 RR, yang juga digunakan untuk balapan di ajang World Superbike.

"Armada safety car ada di pusat komitmen kami pada MotoGP, dan kami sangat bangga bisa memulai musim ini dengan empat kendaraan baru untuk pertama kalinya sejak lebih dari 20 tahun sejarah kami sebagai Official Car of MotoGP," ujar Markus Flasch, Managing Director of BMW M GmbH, dikutip dari Speedweek.com, Rabu (10/3/2021).

Markus menambahkan, tiga safety car terbaru ini diambil dari model yang dapat mengesankan dengan performanya. Sehingga, cocok jika digunakan di dalam MotoGP.

Baca juga: Teknologi Baru BMW M4 Coupe Safety Car MotoGP

"Sebagai tambahan, ada BMW M 1000 RR sebagai safety bike. Mobel M pertama dalam dua roda yang dikembangkan di motorsport dan memenuhi kebutuhan balap," kata Markus.

CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta, mengatakan, dengan armada safety car yang baru ini, kerja sama dengan BMW M sekali lagi terbuktikan seberapa besar komitmen yang diberikan pada MotoGP.

"Kami memasuki musim ke-23 di 2021 ini, ini menunjukkan kekuatan dan keseriusan dari kerja sama kami, dan kami sangat bersyukur pada BMW M GmbH untuk komitmennya," ujar Ezpeleta.

BMW M 1000 RRBMW Motorrad BMW M 1000 RR

Ada sesuatu yang berbeda pada jajaran safety car MotoGP kali ini. Jika sebelumnya banyak menggunakan warna putih yang klasik, safety car BMW kali ini hadir dengan warna abu-abu, kuning, dan hijau.

Sedangkan safety bike M 1000 RR, tetap menggunakan warna putih dengan warna khas M, yakni biru dan merah. Tampilannya mirip dengan livery yang digunakan di ajang World Superbike. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com