Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu Indikator Engine Check Mobil Menyala, Slow Jangan Panik

Kompas.com - 21/01/2021, 15:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil zaman sekarang sudah semakin canggih. Ada banyak sensor yang disematkan untuk mengetahui kondisi komponen tertentu pada mobil tersebut. 

Sensor tersebut memberikan informasi pada pengemudi melalui indikator engine check yang ada pada panel meter. Ketika menghidupkan mesin, lampu indikator engine check tersebut akan menyala sesaat, lalu mati saat mesin dihidupkan. 

Baca juga: Ini Tandanya Jika Lampu Indikator Airbag Menyala

Tapi, jika lampu tetap menyala meski mesin sudah dihidupkan, bisa dipastikan ada masalah atau malfungsi yang terjadi. Hal tersebut bisa berkaitan dengan mesin atau sistem lainnya. 

Ilustrasi servis mobil oleh Bengkel Resmi HondaDOK. HONDA PROSPECT MOTOR Ilustrasi servis mobil oleh Bengkel Resmi Honda

Namun, tidak perlu langsung risau. Sebab, indikator tersebut sendiri ada untuk memberikan informasi, tak langsung mobil mengalami kerusakan. Untuk lebih tepatnya, harus melakukan pengencekan di bengkel resmi. 

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, mengatakan, indikator engine check menyala tak selamanya langsung berkaitan dengan adanya masalah pada mesin, bisa juga pada sistem lain, seperti kelisrikan atau sebagainya. 

Baca juga: Lampu Indikator Suhu Radiator di Mobil Menyala, Ini Artinya

"Saat engine check menyala, pemilik kendaraan baiknya tidak perlu langsung khawatir. Langkah tepat yang harus dilakukan adalah segera menghubungi bengkel resmi untuk melakukan pengecekan," ujar Anjar, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu. 

Anjar mengatakan, untuk lebih tepatnya ada masalah apa yang terjadi pada mobil, maka perlu dibawa ke bengkel.

Sebab, kebanyakan bengkel saat ini sudah memiliki alat diagnostik melalui sistem komputer. Setelah mendapatkan indikasi masalahnya, baru dilakukan pengerjaan. 

Tanda engine check menyala, segera cek menggunakan scanner.istimewa Tanda engine check menyala, segera cek menggunakan scanner.

"Baiknya tidak lama-lama menunda ke bengkel, atau saat ini mungkin bisa menggunakan layanan home service. Nanti akan dianalisa menggunakan diagnostik tersebut untuk mengetahui penyebabnya," kata Anjar. 

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) juga mengatakan hal yang senada. Menurutnya, indikator engine check menyala bisa diakibatkan oleh banyak hal, salah satunya pada sektor kelistrikan

Baca juga: Ini Arti Lampu Indikator Aki pada Mobil Menyala

"Bisa saja (ada permasalahan) di sensor-sensor terkait dengan mekanisme mesin atau bagian elektrikalnya. Kalau indikator menyala sebaiknya langsng ke bengkel terdekat, karena kode yang timbul hanya dapat dibaca dengan alat diagnosa yang dimiliki bengkel resmi," ujar Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com