Jangan Dikagetkan jika Bertemu Pemotor Wanita yang Kagok di Jalan

Kompas.com - 21/01/2021, 13:31 WIB
Meme ibu-ibu yang kerap bikin kesal saat naik motor di jalan. IstimewaMeme ibu-ibu yang kerap bikin kesal saat naik motor di jalan.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan raya milik semua orang, sehingga kadang tak bisa dihindari bakal bertemu pengendara wanita yang masih kagok di jalan.

Menjadi rahasia umum pengendara wanita kerap salah menerapkan sein. Hingga berjalan pelan di posisi tengah, dan pindah jalur atau putar balik yang mengagetkan.

Lantas sebagai pengendara lain di jalan apa yang mesti dilakukan?

Baca juga: Ini 5 Kesalahan Umum Wanita Saat Naik Motor

Sejumlah anggota Satpol PP perempuan di Kabupaten Magelang naik motor besar/gede untuk berpatroli mengamankan aset-aset pemerintah di wilayah ini, Selasa (9/1/2018).KOMPAS.com/Ika Fitriana Sejumlah anggota Satpol PP perempuan di Kabupaten Magelang naik motor besar/gede untuk berpatroli mengamankan aset-aset pemerintah di wilayah ini, Selasa (9/1/2018).

Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu mengatakan, cara terbaik jika bertemu pengendara seperti itu ialah menjauh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita yang menjauh, kita jaga jarak jika memang berpotensi berimbas ke kita," kata Jusri kepada Kompas.com, Rabu (20/1/2021).

Alasannya ialah di jalan raya hal tersebut bisa dikategorikan sebagai risiko. Sedangkan dalam berkendara aman yang perlu dilakukan ialah menjauhi risiko.

"Kita tidak bisa langsung menegur kemudian bilang itu salah, kita yang salah," kata Jusri.

Untuk itu, kata Jusri, pengetahuan dan keterampilan berkendara sangat penting di jalan raya. Apalagi berkendara merupakan kegiatan yang menguras konsentrasi.

Baca juga: Kenapa Emak-emak Sering Salah Kasih Lampu Sein, Sein Kanan Belok Kiri?

Naik motor tangan dibalikhipwee.com Naik motor tangan dibalik

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), mengatakan, setidaknya ada lima kesalahan yang sering dilakukan wanita saat naik motor.

Kelimanya yaitu cara bermanuver, lupa mematikan lampu sein, berman ponsel, cara memegang setang dan busana yang tidak sesuai tempat.

Wanita itu sering melakukan manuver yang tidak aman dan tidak peka terhadap lingkungan. Misalnya berhenti di tengah jalan saat akan berbelok, berbelok secara tiba-tiba,” kata Sony.

Bila bertemu dengan pengendara yang seperti ini, justru jangan dikagetkan dengan membunyikan klakson secara kencang dan terus-menerus, misalnya.

Ini malah akan memicu konflik di jalan raya. Pasalnya, si pengendara ceroboh tadi tidak merasa melakukan kesalahan. Lebih baik menghindar dan menjauh dari pengendara tersebut, agar tidak terjadi masalah.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X