Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sesi Tes Pra-Musim 2021 di Sirkuit Sepang Masih Diragukan

Kompas.com - 28/12/2020, 12:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejauh ini, Dorna Sports masih bertahan pada jadwal sesi tes musim dingin pertama sebelum musim 2021. Sirkuit Sepang, Malaysia, dimasukkan ke dalam kalender sebagai tuan rumah.

Sesi tes di sirkuit ini rencananya akan digelar pada 19-21 Februari 2021. Namun, kasus positif Covid-19 masih terus meningkat di Asia, termasuk Malaysia.

Baca juga: Andrea Dovizioso Menolak Menggantikan Marquez di MotoGP 2021

Dikutip dari Speedweek.com, pihak Sirkuit Sepang sudah diberi batas waktu hingga awal Desember. Kementerian Kesehatan di Malaysia harus mengizinkan para tim MotoGP untuk memasuki negaranya tanpa karantina.

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menjajal Sirkuit Sepang dengan motor M1 spek 2020 pada hari kedua sesi tes pramusim, 8 Februari 2020.AFP/MOHD RASFAN Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, menjajal Sirkuit Sepang dengan motor M1 spek 2020 pada hari kedua sesi tes pramusim, 8 Februari 2020.

Namun, kesepakatan tersebut tak dapat dicapai. Jadi, keputusan akan diambil pada pertengahan Januari 2021. Sebagai cadangan, sesi tes akan digelar di Sirkuit Jerez atau Sirkuit Portimao.

Dengan adanya mutasi dari virus corona, yang disebut-sebut semakin menginfeksi dan berbahaya, sudah menyebar di Britania Raya, maka banyak negara dan penerbangan yang menunda kedatangan dari Inggris.

Baca juga: Valentino Rossi Disebut Akan Berjaya di MotoGP 2021

Kondisi ini tentu akan mendatangkan masalah bagi para anggota tim yang berasal dari Inggris karena adanya larangan bepergian tersebut.

Selain itu, Jepang juga disebutkan sedang menghadapi gelombang ketiga dari pandemi. Jika anggota tim dari Honda, Yamaha, dan Suzuki, tidak bisa melakukan perjalanan, maka akan menyulitkan banyak tim untuk melakukan sesi tes.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com