Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Jadi Waktu Orang Salurkan Hobi Modifikasi Mobil

Kompas.com - 07/01/2021, 19:21 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPandemi Covid-19 yang terjadi pada 2020 telah menghentikan dan menunda banyak aktivitas orang. Pelajar hingga pekerja kantoran terpaksa harus belajar dan bekerja dari rumah hampir pada sepanjang tahun lalu.

Tak hanya itu saja, praktis segala kegiatan juga dilakukan di rumah, termasuk hobi modifikasi mobil. Terutama saat diterapkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Kiki Anugraha, Founder Karma Bodykit, mengatakan, tingginya minat modifikasi mobil selama pandemi tercermin dari penjualan komponen bodi yang dilakukan pihaknya.

Baca juga: Video Viral Aksi Bajing Loncat Incar Truk Digagalkan Anggota TNI

KARMA Bodykit CaymanIMX 2020 KARMA Bodykit Cayman

“Bisnis bodykit selama pandemi malah lebih banyak, permintaan di dalam dan luar negeri cukup baik,” ujar Kiki, kepada Kompas.com (6/1/2021).

Meskipun pameran atau ajang kumpul-kumpul para pecinta otomotif harus ditiadakan selama pandemi, namun hal tersebut tak menyurutkan minat modifikasi mobil.

Bahkan ekspor komponen yang dilakukan Karma Bodykit telah mencapai 19 unit ke Amerika Serikat dan Kanada.

Baca juga: Korban Razia Knalpot di Ciater yang Alami Kerusakan Bisa Menuntut Balik

Komunitas Karma Bodykit muncul di Amerika Serikat dan Kanada.INSTAGRAM.com/@karmabodykit Komunitas Karma Bodykit muncul di Amerika Serikat dan Kanada.

“Mungkin orang release stress dengan bangun mobil. Terutama di luar negeri malah lebih banyak,” ucap Kiki.

“Karena biaya jasa di sana kan mahal, jadi lebih banyak yang memodifikasi sendiri mobilnya. Daripada di rumah enggak ngapa-ngapain,” ucap Kiki.

Menurut Kiki, tren modifikasi bodi mobil akan terus menggema pada 2021. Apalagi mayoritas sekolah dan perkantoran juga masih memberlakukan aktivitas dari rumah.

Baca juga: Kecelakaan Eks Trio Macan, Ingat Lagi Aturan Pakai Sabuk Pengaman

Karma Body Kit meluncurkan produk baru yaitu paket tambahan eksterior untuk Lamborghini Avantador di IMX 2019KOMPAS.com/Gilang Karma Body Kit meluncurkan produk baru yaitu paket tambahan eksterior untuk Lamborghini Avantador di IMX 2019

“Jadi saya launching 2018, dan 2020 terasa peningkatan hingga 40 persen dari 2019. Saya harap trennya bisa terus meningkat pada 2021,” katanya.

Seperti diketahui, saat ini Karma Bodykit menyediakan komponen bodi untuk 86, Aventador, hingga Porsche Cayman.

“Ke depannya kami juga akan produksi line-up baru, rencana meluncur di tahun ini untuk segmen supercar,” ujar Kiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com