Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Helm Jadul, Apakah Aman untuk Digunakan?

Kompas.com - 24/09/2020, 14:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Melakukan restorasi pada motor bebek jadul seperti Honda Astrea Grand Bulus memang sedang menjadi tren saat ini. Tampilan motor yang klimis seperti baru keluar dari diler menambah kesan jadul ketika dikendarai.

Pengendaranya pun tak luput memakai helm jadul, agar makin cocok dengan tampilan motornya.

Helm yang biasa digunakan seperti TRX untuk model full face dan beberapa model helm open face standar pabrikan seperti hadiah saat membeli motor baru.

Bahkan ada beberapa orang yang menjual helm jadul ini dalam kondisi baru stok lama atau new old stok (NOS). Lalu bagaimana jika helm jadul ini digunakan untuk harian?

Baca juga: Mitos atau Fakta, Saat Hujan Tak Boleh Mengerem Pakai Rem Depan?

Honda Astrea SeriesFoto: CDuck Astrea Honda Astrea Series

Salah satu pegiat dari Komunitas Belajar Helm, Ahmad M mengatakan, kalau helm yang digunakan sebenarnya sudah aman. Apalagi kalau di dalam kota, rata-rata kecepatannya sekitar 40-60 kpj saja.

“Jadi seandainya kecelakaan, benturan terhadap pengendara masih aman yang pakai helm, setidaknya sudah melindungi kepala,” ucap Ahmad kepada Kompas.com, Kamis (24/9/2020).

Baca juga: 10 Mobil Bekas Rp 30 Jutaan di Akhir Bulan Ini

Ahmad juga menambahkan, ada beberapa kekurangan pada helm baru stok lama ini. Biasanya bagian styrofoam sudah getas, kemudian busa bagian dalam helm sudah rontok juga, jadi kurang nyaman digunakan.

“Pengendara juga biasanya sudah merasa enggak nyaman kalau bagian dalam helm sudah mulai getas. Biasanya juga yang pakai model helm ini hanya untuk gaya saja,” kata Ahmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com