Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visor Transitions, Solusi Kaca Helm Siang dan Malam

Kompas.com - 21/09/2020, 19:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski sederhana warna visor helm bisa mempengaruhi penglihatan. Karena itu produsen helm bisanya menyediakan berbagai warna visor, mulai bening, smoked sampai iridium.

Pegiat komunitas pencinta helm Belajar Helm, Ahmad M mengatakan, masing-masing jenis visor memiliki keunggulannya masing-masing, tergantung dari keperluannya.

Baca juga: Motor Jack Miller Mogok Karena Kemasukan Lapisan Kaca Helm Quartararo

Visor helm transitions Shoei Visor helm transitions Shoei

Visor bening bagus dipakai bagi pengendara yang punya pandangan agak terganggu,” ucap Ahmad kepada Kompas.com, Sabtu (8/8/2020).

Visor bening memiliki pandangan yang jelas baik siang maupun gelap. Tapi kekuraangannya pengendara akan silau saat dipakai siang hari.

“Visor smoked masih enak bagi mata yang tergolong normal. Adem dipakai saat siang, malam pun masih agak terang. Begitu juga dengan visor iridium, tetapi lebih baik dalam mereduksi paparan sinar matahari langsung,” katanya.

Baca juga: Kasus Quartararo yang Gagal Podium, Ini Kata Mantan Pebalap Moto2

Cuci visor helmokezone.com Cuci visor helm

Tapi kini ada solusi yang lebih mudah yaitu mennggunakan visor transitions. Visor pintar ini seperti kacamata bisa menyesuaikan cahaya. Jika terang dia akan gelap dan sebaliknya, jika gelap dia akan jadi bening.

"Enak pakai transitions. Cuma saat ini yang menyediakan baru merek-merek mahal. Shoei salah satunya. Harganya juga lebih mahal. Kemudian juga belum bisa dipakai di banyak model," kata Ahmad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com