Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resesi Ekonomi, Penjualan Motor Terburuk dalam 3 Tahun Terakhir

Kompas.com - 23/09/2020, 07:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah lewat Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan proyeksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III-2020 masih mengalami kontraksi hingga minus 2,9 persen. Artinya, karena dua kuartal berturut-turut pertumbuhan ekonomi Indonesia minus, maka dikategorikan sebagai resesi

Terkait penjualan sepeda motor nasional, Ketua Bidang Komunikasi Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Sigit Kumala memprediksi, penjualan kendaraan roda dua dalam negeri 2020 melambat hingga 45 dari tahun sebelumnya.

Rumusan tersebut disimpulkan seiring dengan tersendatnya kegiatan industri dan bisnis di tengah pandemi virus corona alias Covid-19 yang disertai pelemahan daya beli masyarakat atas kebutuhan tersier mulai kuartal II/2020.

Total motor yang berhasil didistribusikan ke konsumen hingga penghujung tahun ini hanya akan menyentuh angka 3,6 juta sampai 3,7 juta unit, terpaut jauh dari realisasi di 2019 yang mencapai 6,4 juta unit.

Baca juga: Pelabuhan Patimban Diharapkan Jadi Pendongkrak Ekspor Otomotif 

Penjualan Honda Jawa Barat di 2016dok. DAM Penjualan Honda Jawa Barat di 2016
 

"Januari hingga Maret sebenarnya masih relatif stabil yaitu di atas 500.000 unit per bulan meski sebenarnya sudah -6,5 persen dari periode yang sama di 2019," ujar Sigit dalam diskusi virtual, Selasa (22/9/2020).

Lalu pada April, sesaat setelah diberlakukannya PSBB pada wilayah Jabodetabek, barulah terkoreksi sampai 78 persen. Makin berat lagi saat di Mei karena PSBB diterapkan di seluruh wilayah sehingga penurunan lebih dari 82,3 persen secara bulanan," lanjutnya.

Saat masa PSBB, jelas Sigit lagi, hampir semua anggota AISI tidak ada yang melakukan kegiatan produksi karena harus mengikuti protokol kesehatan pemerintah. Kendati demikian, angka penjualan mulai membaik saat ada pelonggaran PSBB pada Juni.

"Kenaikan penjualan pada Juni menembus 650 persen, lalu Juli meningkat lagi 73 persen, sehingga penjualan mencapai 292.000 unit. Tapi hingga akhir tahun tetap ada penurunan sampai 45 persen dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Baca juga: Begini Cara Pilih Motor Bekas di Balai Lelang 

 

Penjualan sepeda motor domestik 2016-2019, diolah dari AISIKOMPAS.com/Ruly Penjualan sepeda motor domestik 2016-2019, diolah dari AISI

Bila melihat lini masa industri roda dua nasional pada tiga tahun belakangan, realisasi penjualan tahun ini akan menjadi yang terburuk. Pasalnya, realisasi di 2017 walau ada perlambatan masih mampu mencapai 5.886.103 unit.

"Sebetulnya grafik penjualan 2017-2019 menunjukkan ada peningkatan usai mengalami gejolak pada tahun sebelumnya. Angkanya hampir 6,5 juta unit. Namun kami tidak dapat menghindar dalam situasi pandemi tahun ini, jadi posisi year-to-date di Juli hanya 2,1 juta unit," kata Sigit.

"Kami tentu berupaya agar pasar kembali pulih, tapi ini diperlukan kolaborasi kuat dari hulu sampai hilir, termasuk peranan pemerintah. Tak kecuali juga kerjasama dengan mitra bisnis, terutama bidang pembiayaan," ujar dia lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com