Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitsubishi Pasang Quick Charger Mobil Listrik di SPBU Pertamina

Kompas.com - 10/12/2018, 16:24 WIB
Stanly Ravel,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali menunjukan dukungan dalam pembangunan infrastruktur mobil listrik. Setelah dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), kini Mitsubishi berpartisipasi dalam program pilot project Green Energy Station (GES) PT Pertamina.

Seperti diketahui program GES yang digagas Pertamina merupakan bentuk menghadapi pergeseran tren dunia otomotif. Dari internal combustion engine (ICE) atau mesin konvensional menuju kendaraan plug-in hybrid electriv vehicle (PHEV) dan electric vehicle (EV).

Menurut Director of Coordination & development Division PT MMKSI Ogi Ikematsu, dukungan Mitsubishi untuk GES diwujudkan dengan menempatkan quick charger yang didonasikan oleh kepada Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pada Februari 2018 lalu.

Baca juga: Mitsubishi Sambut Peresmian Charging Station BPPT

"Mitsubishi mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dengan beralih ke kekendaranaan yang menggunakan daya listrik. Seperti yang diketahui, Sebelumnya Mitsubishi Motors Corporation telah menghibahkan empat unit fasilitas pengisian daya cepat kepada pemerintah Indonesia," ujar Ikematsu kepada wartawan di Jakarta, Senin (10/12/2018).

Director of Coordination & development Division PT MMKSI Ogi Iketmatsu di SPBU Pertamina Director of Coordination & development Division PT MMKSI Ogi Iketmatsu di SPBU Pertamina
Sebagai perusahaan otomotif global, Mitsubishi memiliki perhatian terhadap pentingnya menjaga keberlangsungan lingkungan, melalui upaya mengurangi emisi CO2 dari kendaraan. Cara ini ditempuh dengan memfokuskan pengembangan teknologi untuk meningkatkan ekonomi bahan bakar dan sistem tenaga listrik.

Baca juga: Mitsubishi Mulai Sesuaikan Produk Mobil Listrik di Indonesia

Pengisian daya untuk mobil listrik yang berada di SPBU COCO Pertamina di Kuningan, Jakarta Selatan, akan memfasilitasi para pengguna mobil listrik dalam mengisi daya tanpa perlu membawa alat charging sendiri. Sebagai tahap uji coba, Pertamina pun menggratiskan fasilitas ini untuk digunakan para pemilik mobil listrik.

"Merupakan suatu kebanggan bagi kami dimana quick charger Mitsubishi Motors dapat menjadi bagian dari pilot project fasilitas pengisian daya mobil listrik di Indonesia," ucap Ikematsu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com