Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vinales Susah Napas hingga Lakukan Hal Kocak di MotoGP Andalusia

Kompas.com - 28/07/2020, 09:22 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber Autosport

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Andalusia akhir pekan lalu meninggalkan banyak drama bagi beberapa pebalap. Salah satunya seperti yang dialami rekan satu tim Valentiono Rossi, Maverick Vinales dari Tim Pabrikan Yamaha.

Meski berhasil menempati posisi kedua usai mengasapi Rossi di putaran terakhir, namun Vinales sempat merasa kelelahan dan susah bernapas. Kondisi tersebut diutarakan karena panasnya cuaca yang ditambah dengan motor dari pebalap lain.

Bahkan akibat masalah tersebut, pebalap dengan nomor 12 ini menggaku hampir kehilangan konsentrasi, serta kesulitan untuk kembali tampil sempurna.

Baca juga: Hasil MotoGP 2020: Quartararo Tak Tersentuh, Rossi Vinales Habis-habisan

"Saya merasa sangat kuat dan pada lap pertama dan mencoba menyalip Quartararo. Tapi kemudian saya melebar dan Rossi menyusul, saya terjebak di belakangnya dan tidak bisa bernapas hampir di sebagian besar putaran," ucap Vinales disitat dari Autosport.com, Senin (27/7/2020).

Maverick Vinales saat berlaga di GP Jerez 2020Yamahamotogp Maverick Vinales saat berlaga di GP Jerez 2020

"Tidak tahu mengapa, mungkin panas dari motor lain dan saya tidak bisa berbuat lebih banyak. Saya menyimpan tenaga untuk lima lap terakhir dan saya mendorong kembali untuk melanjutkan ritme yang baik," kata dia.

Upaya Vinales untuk kembali bangkit berbuah manis, pada sisa dua putaran sebelum garis finish, dia berhasil menyalip The Doctor dan naik menempati urutan kedua. Namun memang usaha untuk menempati posisi pertama harus kandas lantaran Quartararo cukup tangguh untuk dikejar.

Kendati demikian, pebalap asal Spanyol tersebut tak terlalu kecewa lantaran dari hasi seri kedua MotoGP tersebut, dia berhasil mendapatkan tambahan 20 poin. Sementara total yang dikantonginya saat ini 40 poin, selesih 10 dengan Quartararo.

Baca juga: Kuasai Sirkuit Jerez, Quartararo Ungkap Kelemahan Yamaha YZR-M1

Selain kisahnya yang sulit bernapas, sebelum pertarungan sengit dimulai, Vinales juga sempat mengalami kejadian lucu di paddock ketika dia kembali untuk mengganti tunggangannya.

Vinales yang nampak terburu-buru setelah turun dari motornya langsung bergegas ke motor lainnya. Namun kocaknya, motor yang akan digunakan ternyata milik Rossi, beruntung ada seorang tim yang langsung mengingatkannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

When you are in Focus mood level GOD ???? Sorry @valeyellow46 it was not on purpose ???? #AndaluciaGP - #12gang #MonsterYamaha #MotoGP

A post shared by Maverick Viñales (@maverick12official) on Jul 27, 2020 at 4:24am PDT

Momen lucu ini pun kemudian diabadikan dalam sebuah video singkat yang diunggah oleh akun resmi MotoGP. Atas kejadian tersebut, Vinales pun mengunggah ulang video tersebut di akun pribadinya sambil meminta maaf ke rekan satu timnya.

"Saat Anda sedang dalam level fokus yang tinggi. Maaf Valentino Rossi, itu tidak sengaja," tulis Vinales dalam akun instagramnya, Senin (27/7/2020).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber Autosport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com