Penyebab Setang Skutik Bergetar dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 28/07/2020, 10:22 WIB
Karena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutik Foto: Wahana/IstimewaKarena praktis tak sedikit yang menyepelekan cara mengendarai skutik

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor skutik banyak dipilih karena penggunaannya yang mudah. Bagi pengguna motor skutik, salah satu pengalaman yang kerap dialami adalah setang yang bergetar hebat saat memutar gas.

“Ini sering dialami pada pengguna motor skutik. Bukan hal yang normal memang, ini menandakan ada bagian mesin yang bermasalah,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com.

Ribut melanjutkan, akibatnya saat membuka gas untuk berakselerasi seperti tersendat-sendat dan dirasa tenaganya tidak stabil.

Baca juga: Perbedaan Ganti Rantai Bebek dan V-belt Matik                                                       

Ilustrasi kampas kopling di motormodifikasi.co.id Ilustrasi kampas kopling di motor

Baca juga: Punya Duit Rp 30 Jutaan, Bisa Dapat Mobil Lawas Ini                      

Penyebabnya beragam. Bisa jadi karena kanvas kopling dan rumah kopling mengalami keausan akibat pemakaian.

Selain itu, bisa juga terjadi akibat banyaknnya kotoran debu di ruang CVT atau kontaminasi pelumas akibat sil yang bocor.

“Cara perbaikinya dilakukan pembersihan di bagian CVT. Pemeriksaan sil-sil juga dilakukan untuk melihat adanya kebocoran atau tidak. Selain itu, pemeriksaan komponen yang ada di blok CVT perlu dilakukan. Ini akan meminimalisir getaran pada setang saat akselerasi,” katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X